Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale BandungHari Bakti TNI AU Gelar Korve Sampah Sungai Citarum

Hari Bakti TNI AU Gelar Korve Sampah Sungai Citarum

Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Syafii berbincang dengan warga saat giat karya bakti Sungai ”Citarum Bestari” dekat pemukiman warga di bantaran Sungai Citarum, Desa Cilampeni, Kec Katapang, Kab Bandung. by Pentak Lanud Sulaiman
Danlanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Syafii berbincang dengan warga saat giat karya bakti Sungai ”Citarum Bestari” dekat pemukiman warga di bantaran Sungai Citarum, Desa Cilampeni, Kec Katapang, Kab Bandung. by Pentak Lanud Sulaiman

KATAPANG – Lebih dari 500 personil TNI Angkatan Udara yang tergabung dalam Bakorda (Badan Koordinasi Daerah) Bandung, bersama masyarakat, pelajar, dan sejumlah instansi, turun ke Sungai Citarum, Sabtu (23/7/16). Mereka membersihkan bantaran sungai, jembatan, dan badan sungainya menggunakan perahu, dari sampah, endapan tanah, dan tanaman liar.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka Peringatan ke-69 Hari Bakti TNI AU pada 2016, sekaligus Bakti Sosial Citarum Bersih Sehat Lestari dan Indah (Citarum Bestari). Kegiatan lain dalam rangkaian Hari Bakti TNI AU ini berupa bakti sosial, donor darah, pemeriksaan kanker serviks, bazaar, dan lainnya, dilaksanakan pada kemudian hari.

Pembersihan lingkungan sungai ini dilakukan secara manual, sedangkan sampah yang dikumpulkan diangkut menggunakan truk. Masyarakat, khususnya para pelajar sekolah di sekitar lingkungan Lanud Sulaiman, tampak antusias menjalani kegiatan tersebut bersama para anggota TNI AU.

Komandan Lanud Sulaiman, Kolonel Pnb Mohammad Syafii mengatakan ada sekitar 1.000 personil TNI AU yang diterjunkan dalam kegiatan tersebut dari TNI AU Bakorda Bandung, di antaranya dari Lanud Sulaiman, Paskhas TNI AU, dan Lanud Husein Sastranegara.

“Bagian sungai yang dibersihkan adalah yang bersinggungan dengan Lanud Sulaiman, mulai dari kawasan Kampung Bojongtanjung atau kawasan Bandung Indah Golf sampai Jembatan Cilampeni, Katapang sepanjang sekitar lima kilometer,” kata Syafii saat ditemui di sela kegiatan yang dilaksanakan di perbatasan antara Kecamatan Katapang dengan Margahayu tersebut.

Secara garis besar, kata Danlanud, TNI AU tidak memiliki tugas untuk membersihkan sungai. Namun sebagai bagian dari masyarakat, pihaknya mengupayakan sinkronisasi antara Bakti Sosial TNI AU dengan program yang tengah dikerjakan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni Citarum Bestari, untuk memulihkan kondisi Sungai Citarum.

“Sampah yang mengalir ke Sungai Citarum di sebelah Lanud Sulaiman adalah kiriman. Upaya pembersihan sungai ini disertai dengan penyadaran masyarakat supaya tidak membuang sampah ke sungai,” kata dia.

Danlanud berharap dengan telah selesai kegiatan karya bakti bersih Sungai Citarum untuk selanjutnya  melalui komunikasi yang harmonis dapat menumbuhkan kesadaran dan menciptakan suatu peran yang positif  bagi warga masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI