Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale Kota BandungIndonesia Bisa Hebat dengan Inovasi Regulasi

Indonesia Bisa Hebat dengan Inovasi Regulasi

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menghadiri seminar nasional dan rakernas 2016 Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN di GH Universal Hotel, Bandung, Rabu (13/4) by Meiwan Humas Pemkot Bandung.
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat menghadiri seminar nasional dan rakernas 2016 Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN di GH Universal Hotel, Bandung, Rabu (13/4) by Meiwan Humas Pemkot Bandung.

BANDUNG – Bangsa Indonesia bisa hebat jika ada inovasi-inovasi dalam regulasi. Lambannya pembangunan dalam segala hal termasuk pembangunan infrastruktur di Indonesia, bisa dari faktor regulasi itu sendiri.

“Indonesia bisa hebat jika kita berinovasi di regulasi. Banyak regulasi belum tentu hebat,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat jadi pembicara seminar nasional dan rakernas 2016 Federasi Serikat Pekerja Sinergi BUMN di GH Universal Hotel, Bandung, Rabu (13/4/16).

Ridwan menggambarkan pelaksanaan KAA tahun lalu, dengan etos kerja yang cepat dan beberapa inovasi aturan persiapan KAA hanya dalam waktu dua bulan. Menurutnya sekitar 20 proyek yang jika dikerjakan secara dengan normal, bisa memakan waktu satu setengah tahun, KAA tahun lalu hanya dilakukan dua tahunan saja.

“Intinya harus ada inovasi aturan. Peringatan KAA memberikan hikmah, jangan-jangan yang bikin Indonesia lamban itu karna sistem kita sendiri,” ujarnya.

Ridwan menjelaskan dalam hal pembiayaan pembangunan kota misalnya yang masih memakai pola komvensional. Tidak seperti di Indonesia, di negara-negara lain seperti di Inggris, Kanada, Korea, infrastruktur semuanya dibiayai oleh swasta.

Kota itulah yang membayar kontrak jangka panjang. Hal itu menjadikan perubahan datang lebih cepat, cashflow tidak terganggu dan ekonomi terus bergerak. Di akhir Ridwan mengajak agar seluruh BUMN untuk bergerak dan menggunakan cara-cara baru untuk bekerja.

“Ada cara cara yang belum pernah selama ini dipegang untuk bangsa ini, Mari bangun negeri ini dengan pola-pola baru dan inovasi baru,” pungkasnya.

Selain Ridwan Kamil, semimar nasional Rakernas Serikat Pekerja 2016 tersebut menghadirkan Refly Harun, Komisaris Utama PT Jasa Marga, dan pakar hukum Mahfud Md.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI