Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale KBBInvestor Tiongkok Tertarik Olah Sampah di KBB

Investor Tiongkok Tertarik Olah Sampah di KBB

truk sampahNGAMPRAH – Investor asal Tiongkok, Zhejiang Bestwa EnviTech Co, Ltd berencana menanamkan investasi sebesar US$ 800 juta  di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Rencananya investasi itu dilakukan di bidang pengelolaan sampah, pengolahan air limbah, dan pengelolaan air bersih.

Perwakilan dari negeri itu sudah datang langsung ke KBB dan dipimpin seorang profesor lingkungan hidup Prof. Kunbai Chen. Mereka kemudian bertemu dengan Bupati Bandung Barat Abubakar, Wakil Bupati Yayat T Soemitra, serta pejabat Satuan kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait lainnya.

“Pemkab Bandung Barat dengan perusahaan dari Cina tersebut sudah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) beberapa waktu lalu.  Kedatangan utusan dari  Zhejiang Bestwa EnviTech Co., Ltd ke Kabupaten Bandung Barat ini sebagai tindak lanjut dari kesepakatan yang dibuat di Cina beberapa waktu lalu,” kata Bupati Abubakar.

Abubakar menjelaskan rombongan dari Cina akan melakukan pra Fisibility Study (FS/studi kelayakan) kebeberapa lokasi yang akan dibangun seperti TPA Sarimukti. Ini dikarenakan mereka tertarik untuk mengelola sampah Sarimukti untuk dimanfaatkan sebagai energi listrik. “Mereka ingin mengolah sampah menjadi energi listrik untuk nantinya dijual ke PLN,” terangnya.

Selain itu, investasi lainnya berupa pembangunan Instalasi Pengolahan Limbah (IPAL) Terpadu.  Limbah yang dihasilkan industri tidak hanya sekedar dinetralsir, tapi juga layak dikonsumsi. Termasuk juga untuk mengelola air bersih yang potensinya di KBB cukup besar. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI