Bale Jabar

Jalan Inspeksi BBWS Bukan untuk Permukiman

Kondisi Jalan Seketi Kampung Cilebak Desa Rancamanyar Kec Baleendah Kab Bandung

BANDUNG, Balebandung.com – Balai Besar Wilayah Sugai Citarum mengakui beberapa ruas jalan inspeksi di sepanjang daerah aliran Sungai Citarum mengalami kerusakan. Namun untuk perbaikannya, saat ini bukan merupakan program prioritas dari BBWS.

Pejabat Pembuat Komitmen Pendayagunaan Air Tanah BBWS Citarum Bagus Adi Rahmadi, ST.MT menyebut beberapa program prioritas BBWS saat ini antara lain pembangunan Tunnel Nanjung, normalisasi sungai, peningkatan kapasitas sungai, pembangunan waduk, pembuatan polder banjir, mengaktifkan kembali oaxbow.

“Sehingga perbaikan jalan inspeksi itu belum menjadi program prioritas,” tukas Adi kepada Balebandung.com di Aula Makodam III/Siliwangi, Kamis (4/7/19).

Yang terpenting, imbuh Adi, pihaknya menargetkan pembangunan jalan inspeksi itu bisa dilalui alat berat seperti jalan untuk dilewati dump truck, dan bukan untuk permukiman.

“Yang jadi masalah itu masyarakat menggunakan jalan itu untuk akses permukiman. Sehingga seharusnya kalau memang ingin dipergunakan untuk permukiman ya masyarakat bisa swadaya untuk perbaikannya, atau bisa juga mengajukan lewat APBD Kabupaten Bandung, asal berkordinasi dengan kami,” jelas Adi.

Sebelumnya diberitakan, warga Kampung Cilebak, Desa Rancamanyar, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung mendesak Pemkab Bandung untuk mengambil alih atau serah kelola Jalan Seketi di desanya ke Kabupaten Bandung. Sebab selama ini Jalan Seketi – Jalan Cilebak merupakan Jalan Inspeksi Sungai Citarum kewenangannya berada di Balai Besar Wilayah Sungai Citarum (BBWSC).

Status jalan sepanjang kurang lebih satu kilometer tersebut menjadi kendala untuk perbaikan di mana kondisinya saat ini sudah rusak berat. Warga mengeluhkan kerusakan Jalan Seketi yang sudah 15 tahun tidak mendapat perbaikan.

“Sudah sekitar 15 tahun tidak ada perbaikan Jalan Seketi. Masalahnya soal status jalan yang memang kewenangannya berada di BBWS Citarum. Sejak sebulan yang lalu kami sudah ajukan pelimpahan kewenangan pemeliharaan jalan ini untuk bisa diserah kelola ke Pemkab Bandung, tapi hingga kini belum ada kabar Pak Bupati akan untuk menindaklanjutinya,” ungkap Ketua RW 02 Desa Rancamanyar, Mumun Mulyana kepada Balebandung.com, Minggu (16/6/19).***

Warga Desak Status Jalan Seketi Rancamanyar Diambil Alih Pemkab Bandung

Komisi C DPRD Kab Bandung Desak BBWS Perbaiki Jalan Inspeksi Sungai Citarum

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close