Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale KBBJalan Lingkar Padalarang-Rajamandala Dibangun 2017

Jalan Lingkar Padalarang-Rajamandala Dibangun 2017

ilustrasi jalan lingkar.ist
ilustrasi jalan lingkar.ist

NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat berencana membangun Jalan Lingkar Padalarang untuk mengurai kemacetan yang selalu terjadi di kawasan Padalarang. Nantinya jalan ini akan melintas mulai dari Kota Baru Parahyangan-Padalarang-Cipatat-Rajamandala.

“Pembangunan Jalan Lingkar Padalarang itu sedang dikaji Dinas Bina Marga yang sedang melakukan FS (Fisibility Study). Jika lancar maka pembangunannya akan dimulai tahun depan,” kata Bupati Bandung Barat Abubakar di Ngamprah.

Jalan Lingkar Padalarang nantinya akan seperti Jalan Lingkar Nagreg di mana hanya difungsikan untuk satu jalur kendaraan dari arah Padalarang menuju Cianjur. Sementara dari arah Cianjur ke Padalarang tetap menggunakan jalur yang ada sekarang.

Menurutn Abubakar kemacetan di kawasan Padalarang sudah teramat parah khususnya di pertigaan Jalan Tagog yang menjadi titik pertemuan antara kendaraan dari arah Cianjur dan kendaraan yang mengarah ke Purwakarta. Bahkan kalaupun dibuat flyover di kawasan tersebut pun belum tentu akan berhasil mengurai kemacetan. Karena itu Jalan Lingkar Padalarang jadi salah satu solusi.

Terkait pembiayaan, menurut bupati saat ini masih berpatokan kepada APBD KBB. Namun jika pada pelaksanaannya nanti anggaran yang dibutuhkan sangat besar dan tidak mungkin seluruhnya ter-cover oleh APBD, pihaknya akan mengajukan bantuan ke Pemprov Jabar maupun pemerintah pusat.

“Untuk sementara ini kami alokasikan dananya dari APBD dulu. Tapi kalau nanti pada saat pengerjaan fisiknya butuh dana yang sangat besar, maka kami berharap dapat bantuan baik dari pemerintah pusat ataupun Pemprov Jabar,” ucapnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI