Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale KBBJalan Nasional di Cipatat KBB Terancam Putus

Jalan Nasional di Cipatat KBB Terancam Putus

ilustrasi bencana tanah bergerak
ilustrasi bencana tanah bergerak

BANDUNG BARAT – Retakan tanah yang terjadi di Jalan Raya Citatah, Kampung Tagog Munding, RT 02/RW 08, Desa Citatah, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat terus memanjang. Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, retakan tanah sudah mengenai bahu jalan hingga tinggal 1 sampai 2 meter menyentuh badan jalan negara.

“Panjang retakan tanah sekitar 100 meter dan merusak 7 bangunan rumah dan warung. Sekarang retakannya semakin memanjang ke arah barat mendekati badan jalan. Bila tidak segera ditanggulangi bisa memutuskan Jalan Raya Citatah,” kata Kepala Pelaksana BPBD KBB, Rony Rudyana di Ngamprah, Senin (22/2/16).

Rony mengaku pihaknya sudah melayangkan surat secara resmi kepada BPBD Provinsi Jawa Barat terkait kondisi itu. Akan tetapi surat pertama yang dilayangkan beberapa hari setelah kejadian, hingga kini belum mendapat tanggapan.

“Kami melayangkan surat untuk yang kedua kalinya bukan hanya ke BPBD, tapi juga Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat selaku instansi yang berwenang. Semoga saja ada respons,” harap Rony.

Dia berharap BPBD dan Dinas Bina Marga Jabar segera turun tangan untuk menangani pergerakan tanah yang sudah hampir mengenai badan jalan negara tersebut. Sebab, ungkap Rony, persoalan ini menyangkut persoalan kewenangan, tentunya harus dikoordinasikan dulu dengan provinsi. Termasuk juga menunggu hasil kajian Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dan Badan Geologi.

Dirinya khawatir kondisi retakan itu bertambah panjang dan lebar. Apalagi dipengaruhi kondisi lingkungan sekitar lokasi bencana yang merupakan jalur hidup yang selalu ramai dilalui kendaraan, baik motor, mobil pribadi, bus, sampai truk pengangkut hasil tambang dan truk sampah. “Getaran akibat kendaraan bisa menyebabkan retakan tanah bertambah besar,” pungkasnya. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI