Bale Kab BandungPamong

Pemkab Bandung Anggarkan Rp 293 Miliar untuk Jalan Mantap

Bupati Bandung Dadang Naser saat meninjau perbaikan jalan di Dago Pakar, Kec Cimenyan, Kab Bandung tahun 2015.
Bupati Bandung Dadang Naser saat meninjau perbaikan jalan di Dago Pakar, Kec Cimenyan, Kab Bandung tahun 2015. by Humas Pemkab Bandung.

SOREANG – Kabupaten Bandung bersiap untuk mewujudkan jalan mantap 100% hingga 2021. Anggota Komisi C DPRD Kabupaten Bandung Firman B Soemantri mengatakan kondisi jalan mantap 85% hingga akhir 2015 sudah tercapai, bahkan melebihi target yang tadinya cuma 73% hingga akhir tahun 2015.

“Sisanya tinggal 250 kilometer lagi mudah-mudahan dalam lima tahun ke depan bisa selesai, tercapai target pada tahun 2021. Artinya tiap tahun bisa diselesaikan sepanjang 50 km jalan mantap,” kata Firman kepada Balebandung.com, Senin (22/2/16).

Untuk mencapai target tersebut, Firman menyebut pada tahun ini Pemkab Bandung menganggarkan jalan mantap sebesar Rp293 miliar dari APBD murni 2016. Ditambah lagi dengan anggaran dari Bantuan Gubernur Jawa Barat (Bangub) yang kisarannya mencapai Rp.120 miliar dan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat.

“Kisaran dana sebesar itu hanya untuk anggaran infrastruktur jalan saja, belum termasuk drainase atau penerangan jalan umum,” ujarnya.

Dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Bandung tahun 2016, peningkatan sarana dan prasarana dasar wilayah masih tercatat sebagai salah satu prioritas pembangunan dari 11 prioritas yang ada. Sementara prioritas pertama dalam RKPD tahun 2016 menyangkut dunia pendidikan, disusul kesehatan, penanggulangan kemiskinan disamping peningkatan sarana dan prasarana dasar wilayah.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Bandung H. Dadang M. Naser, SH., M.IP menyatakan penyediaan infrastruktur jalan masih menjadi fokus pembangunan di Kabupaten Bandung tahun 2016 mendatang. “Selain 11 sektor lainnya, kami masih tetap fokus terhadap peningkatan infrastruktur jalan,” tandas bupati.

Dadang menilai kinerja Dinas Bina Marga sudah menunjukan track record yang baik. Penilaian tersebut salah satunya didasarkan kepada pencapaian target perbaikan jalan hingga akhir tahun 2015 telah mencapai 85% kondisi jalan mulus.

Bupati mengakui jalan mantap sebesar 85% sampai akhir tahun 2015 merupakan target sejak dirinya diangkat sebagai Bupati Bandung tahun 2010 lalu. Perbaikan beberapa ruas jalan yang dinilai memiliki kelabilan tinggi, dilakukan dengan sistem betonisasi. Sistem ini menurutnya cukup manjur karena memiliki daya tahan yang cukup lama, meski memerlukan biaya yang relatif besar.

Menurut Dadang kondisi jalan mulus akan memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. Bahkan ia percaya, dari pertumbuhan ekonomi ini akan berdampak pula terhadap peningkatan pendidikan dan kesehatan masyarakat.

“Oleh karenanya peningkatan pelayanan sarana dan prasarana dasar wilayah seperti halnya perbaikan jalan, telah menjadi prioritas Pemkab Bandung setiap tahun,” tandasnya.

Data Dinas Bina Marga Kabupaten Bandung menunjukan, panjang jalan milik Kabupaten Bandung yang telah diperbaiki dengan sistem betonisasi sampai akhir tahun 2014 sepanjang 128,323 kilometer. Sementara total jalan yang dimiliki daerah dengan jumlah penduduk 3,4 juta jiwa ini sepanjang 1.155,34 kilometer.

Untuk tahun 2015, Pemkab Bandung telah mentargetkan perbaikan jalan sepanjang 100 kilometer dengan dana APBD tahun 2015 senilai Rp 270 miliar.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close