Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale KBBHati-hati, Jalan Raya Tangkuban Parahu Rawan Pohon Tumbang

Hati-hati, Jalan Raya Tangkuban Parahu Rawan Pohon Tumbang

ilustrasi/net
ilustrasi/net

LEMBANG – Kawasan di sekitar Jalan Raya Tangkubanparahu, mulai dari Rumah Makan Grafika sampai pintu gerbang Taman Wisata Alam (TWA) Tangkubanparahu, memiliki kerawanan yang cukup tinggi terhadap kejadian pohon tumbang.  Di kanan kiri jalan di kawasan tersebut banyak terdapat pohon pinus milik Perhutani yang usianya sudah puluhan tahun.

“Daerah itu memang rawan terjadi pohon tumbang karena memang banyak pohon di area milik Perhutani,” kata Camat Lembang Endang Hadiat, Sabtu (19/3/16).

Terbukti dengan adanya kejadian pohon pinus yang tumbang menimpa mobil pada Jumat (11/3) lalu yang mengakibatkan sopir mobil tersebut tewas. Hal itu di luar prediksi pihak Perhutani walaupun mereka selalu mengecek kondisi pohon dan melakukan penebangan pohon-pohon tua yang sudah keropos dan rawan tumbang.

Menurutnya, tumbangnya pohon pinus di Jalan Raya Tangkubanparahu bukan hanya itu saja. Sebelumnya pada Agustus 2015, sebuah pohon pinus berukuran besar tumbang menimpa seorang pengendara sepeda motor, Muhtar Supriatna (50).

Pohon setinggi 15 meter dengan diameter 60 sentimeter itu menimpa Muhtar warga Jalan Rancabentang Dalam, RT03/RW06, Kelurahan Ciumbuleuit, Kecamatan Cidadap, Kota Bandung, yang langsung tewas di lokasi kejadian. Pihaknya sudah mengusulkan kepada pihak Perhutani agar pohon pinus yang tumbuh di samping Jln Raya Tangkubanparahu mulai dari Rumah Grafika sampai gerbang masuk TWA Tangkubanparahu ditebang sampai 50 meter ke dalam kawasan hutan. Sehingga bila terjadi kembali pohon tumbang tidak akan jatuh ke badan jalan.

Nantinya, lahan bekas pohon pinus dapat dimanfaatkan untuk dijadikan kawasan wisata, seperti tempat berjualan tanaman hias, serta yang masih berkaitan dengan pariwisata. Sebab jika tetap tumbuh terlalu dekat ke jalan  bisa mengancam pengguna jalan. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI