Selasa, Oktober 26, 2021
BerandaBale KBBJalan Tembus KBB ke Sumedang Via Lembang Dibangun Tahun Depan

Jalan Tembus KBB ke Sumedang Via Lembang Dibangun Tahun Depan

by antara
by antara

NGAMPRAH – Jalan tembus di wilayah utara yang menghubungkan Desa Suntenjaya, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dengan Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang akan mulai dilaksanakan pembangunannya tahun depan. Saat ini proses yang sudah dilakukan adalah dengan menyelesaikan studi kelayakan (FS) dan Detail Engineering Design (DED).

Kabag Pembangunan Pemkab Bandung Barat Hendra Trismayadi mengatakan DED dan FS ini sudah diselesaikan oleh Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat. Berikutnya tinggal mengerjakan pekerjaan fisik di lapangan dimana untuk proyek pembangunan jalan ini pembiayaannya ditanggung oleh pemreintah Provinsi Jawa Barat.

“Targetnya tahun depan sudah bisa dikerjakan sehingga jalan ini bisa menjadi alternatif bagi warga yang ingin menuju ke Lembang atau sebaliknya,” kata Hendra.

Hendra menyebutkan jalan tembus Lembang-Sumedang ini akan memiliki panjang sekitar 17 kilometer yang menghubungkan antara Kecamatan Lembang dengan Tanjungsari dan Sukasari (Sumedang), dan Cilengkrang (Kabupaten Bandung). Pengerjaan jalan ini ditangani oleh provinsi karena menghubungkan tiga kabupaten.

Rencana awalnya pembangunan jalan Lembang-Sumedang ini tidak melewati wilayah Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung. Namun karena jika dari Suntengjaya langsung ke Sumedang harus melewati jurang yang terjal maka akhirnya jalan dibuat memutar melewati Cilengkrang meskipun dengan konsekuensi jaraknya menjadi lebih jauh.

“Opsi yang diambil adalah memutar melalui Cilengkrang karena kalau harus memaksakan membuat jalan dengan melewati jurang yang terjal biayanya cukup besar dan beresiko tinggi,” jelas Hendra. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI