Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiKandidat Calon Tak Persoalkan Perubahan Jumlah Dukungan

Kandidat Calon Tak Persoalkan Perubahan Jumlah Dukungan

net
net

CIMAHI – Adanya perubahan jumlah dukungan bagi bakal calon wali kota atau wakil wali kota pada Pilkada Cimahi 2017 tidak menjadi persoalan bagi para calon yang sudah mendeklarasikan diri untuk maju. Mereka mengaku memahami dengan perubahan itu dan yakin jika dukungan minimal warga bisa diperoleh sehingga dapat lolos persyaratan untuk bisa maju di Pilkada Cimahi.

 

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi Ikin Sodikin yang disenut-sebut bakal maju di Pilkada Cimahi mengaku menerima keputusan perubahan tersebut. Untuk itu ia akan mengantisipasi hal ini nantinya manakala memang dirinya tidak maju dari partai.

Sejauh ini Ikin memang sudah mendaftarkan diri untuk maju dari PDI Perjuangan. Namun jika nantinya yang dipilih oleh PDI Perjuangan figur maka dirinya memutuskan untuk maju dari perseorangan/independen. Karenanya segala sesuatu dan kemungkinan harus disiapkan.

“Saya tidak mempermasalahkan perubahan ini, namun harus diantisipasi manakala tidak maju dari partai politik maka harus mengumpulkan dukungan sebanyak jumlah minimal yang sudah ditetapkan oleh KPU, bahkan kalau bisa lebih akan lebih bagus,” kata Ikin.

Ia  menegaskan tidak ingin mengecewakan para pendukungnya yang sudah sejak lama mendorongnya untuk maju dalam Pilkada Cimahi. Oleh karena itu jalur-jalur konstitusional ini harus dimanfaatkan sehingga ketika dicoret dari partai maka akan maju melalui perseorangan.

Seperti diketahui KPU melakukan revisi jumlah minimum dukungan pasangan perseorangan Pemilukada serentak 2017 dari awalnya sebanyak 29.095 berubah menjadi 32.974 pemilih. Ketua KPU Kota Cimahi, Handi Danan Jaya mengatakan revisi itu dilakukan karena terjadi salah penafsiran tentang putusan Mahkamah Konstitusi No.60/PUU-XIII/2015, yang menyatakan dasar penetapan dukungan minimal calon perseorangan sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan terakhir.[fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI