Bale Kota Bandung

Kebun Binatang Bandung Siap Beroperasi Lagi

Beruang madu di Kebun Binatang Bandung

BANDUNG, Balebandung.com – Sejak ditutup karena pandemi Covid-19, Kebun Binatang Bandung mengalami kerugian hingga puluhan miliar. Kerugian itu berdasar dari pemasukan tiket masuk yang rata-rata dalam satu pekan bisa dikunjungi ribuan pengunjung.

“Saya tidak bisa menghitung berapa kerugian total, kemungkinan puluhan milyar. Lebaran saja kami rugi bisa mencapai Rp 4 miliar,” jelas Humas Kebun Binatang Bandung, ¬†Sulhan Syafii saat dihubungi Kamis (18/6/2020).

Saat ini, imbuh Sulhan, pihaknya berencana akan mengirim surat kesiapan simulasi penerapan protokol kesehatan kepada Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

“Kita sedang mempersiapkan semua kebutuhan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang ketat sebelum menggelar simulasi,” ungkap Sulhan.

Bahkan kesiapannya 50 persen karena masih mengejar persiapan yang lain, karena area kebun binatang yang luas.

“Disbudpar nanti akan ada tim untuk menjinjau kesiapannya, setelah itu dievalusi tim gugus tugas, baru akan keluar surat boleh atau tidaknya dibuka lagi kebun binatang ini,” jelas Sulhan.

Namun menurutnya yang dibuka untuk umum hanya area satwa saja. Sedang area lainnya seperti area foodcourt dan arena bermain belum diijinkan beroperasi.

“Pak Wakil Wali Kota Bandung kemarin meminta agar foodcourt jangan dibuka dulu, begitu juga dengan area bermain lainya. Itu akan kami buka secara bertahap sesuai dengan perkembangan kondisi dan situasi,” jelas Sulhan.

Sebagai persiapan beroperasi kembali Kebun Binatang Bandung, pihaknya akan memasang 16 watafel dan 12 hand sinitizer di area seluas 14 hektare tersebut dan semua petugas pelayanan akan dilengkapi masker, sarung tangan, dan face shield.

“Setiap pintu masuk akan dicek suhu tubuhnya. Apabila ada yang lebih dari 37,5 maka tidak diperkenankan masuk. Mereka harus mematuhi itu dan kita beroordinasi dengan puskesmas terdekat,” jelas Sulhan.

Sulhan menyebutkan Kebun Binatang Bandung dapat menampung sekitar 3.000 pengujung saat libur Hari Raya Idul Fitri. Namun, untuk saat ini bila sudah mendapat ijin beroperasi dari pemerintah, jumlah pengunjung akan dibatasi yakni sekitar 2.500 pengunjung.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close