Bale Kab BandungGaya HidupKomunitas

KNPI Kab Bandung Gelar Baksos Rehab Mesjid dan Rutilahu

Ketua KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan menyerahkan bantuan ke Mesjid Al Muhajirin, Desa Sarimukti Kec Ciparay Sabtu (28/10/17).
Ketua KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan menyerahkan bantuan ke Mesjid Al Muhajirin, Desa Sarimahi RW 15 Kec Ciparay, Sabtu (28/10/17).

CIPARAY – Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI Kabupaten Bandung) menggelar bakti sosial berupa rehabilitasi mesjid-mesjid dan rumah tidak layak huni (rutilahu) di wilayah Kabupaten Bandung.

Ketua KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan mengatakan sasaran mesjid yang mendapat bantuan baik materi maupun tenaga yaitu Mesjid Al Muhajirin di Desa Sarimahi RW 15 Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Kondisinya memprihatinkan di musim hujan. Atap mesjid itu bocor.

“Di mesjid ini kan ada pengajian anak-anak. Nah, kalau hujan besar atapnya bocor, sampai anak-anak yang mengaji pun diliburkan kalau hujan besar. Karenanya kita beri bantuan materi dan tenaga untuk perbaikan,” ungkap Galih kepada Balebandung.com di Mesjid Al Muhajirin, Sabtu (28/10/17).

Galih didampingi Ketua Pengurus Kecamatan (PK) Ciparay Eko Dermawan dan pengurus DPD KNPI Kabupaten Bandung lainnya menyerahkan bantuan berupa uang Rp2,5 juta. “Untuk pelaksanaan perbaikannya nanti teman-teman dari DPD KNPI maupun PK Ciparay akan turut membantu bersama pengurus DKM Al Muhajirin dan masyarakat sekitar,” terang Galih yang baru terpilih jadi Kepala Desa Tegalluar Kecamatan Bojongsoang ini.

Selain dalam rangka memperingati HSP ke-89, imbuh Gallih, baksos rehab mesjid rusak ini juga bertujuan membangun nilai-nilai sosial melalui semangat kepemudaan dengan masyarakat. Menurutnya masih ada beberapa mesjid yang akan mendapat bantuan serupa sesuai survei atau temuan pengurus dan anggota KNPI di lapangan.

“Kegiatan ini merupakan rangkaian program Gebyar Pemuda Sabilulungan Kabupaten Bandung yang berlangsung selama sepekan mulai tanggal 28 Oktober sampai 7 November 2017. Selain baksos rehab mesjid, kami juga akan merehab rumah rusak atau tidak layak huni milik warga yang kurang mampu, selain ada kegiatan diskusi kepemudaan, juga pertandingan persahabatan badminton antara PK KNPI Kabupaten Bandung,” kata Galih.

Ketua KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan menyerahkan bantuan buku-buku dan Al Quran ke anak-anak pengajian di Mesjid Al Muhajirin, Desa Sarimukti Kec Ciparay Sabtu (28/10/17).
Ketua KNPI Kab Bandung Galih Hendrawan menyerahkan bantuan buku-buku dan Al Quran ke anak-anak pengajian di Mesjid Al Muhajirin, Desa Sarimukti Kec Ciparay Sabtu (28/10/17).

Ketua PK KNPI Ciparay Eko Dermawan menambahkan, selain bantuan rehab mesjid, sebelumnya PK Ciparay juga memberi bantuan berupa buku-buku Iqra, Juz Amma, Al Quran dan sebuah whiteboard atau papan tulis .

“Kegiatan baksos rehab mesjid ini merupakan hasil temuan kami di lapangan. Kebetulan PK KNPI Ciparay Bidang Keagamaan ada program kajian rutin bulanan, dari situ kita punya ide untuk menggelar baksos membantu mesjid yang rusak dan kekurangan buku Iqra, Juz Amma maupun Al Quran,” jelas Eko.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close