Bale JabarHankam

Kodam Siliwangi Gelar Upacara Harlah Pancasila

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han)

BANDUNG – Kodam III/Siliwangi menggelar upacara peringatan Hari Kelahiran Pancasila dengan inspektur upacara Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H, M.Tr (Han), di Lapangan Upacara Makodam III/Siliwangi Jalan Aceh Bandung, Jumat (1/6/18).

Presiden RI Joko Widodo pada sambutannya yang dibacakan oleh Pangdam mengatakan, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia selama 73 tahun bertahan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi yang berusaha menggesernya, dan Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika.

Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan YME kepada kita melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Pada peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2018, kata Pangdam, kita harus meneguhkan semangat untuk bersatu, berbagi dan berprestasi. Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih sari 1. 100 bahasa lokal yang hidup dilebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Bulan suci Ramadhan yang penuh berkah ini harus kita manfaatkan sebagai momentum untuk memperkuat etos kepedulian, welas asih, dan saling menghargai dengan penuh empati.

Semangat gotong royong yang merupakan budaya luhur bangsa harus kita pupuk sebagai sumber energi besar Indonesia untuk menggapai keadilan sosial bagi seluruh rakyat.

Dengan modal semangat dan energi kebersamaan, kita akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. Dengan semangat berprestasi yang tertanam kuat didada para atlet kita untuk mengibarkan Bendera Merah Putih di Asian Games dan Asian Para – Games yang diselenggarakan tahun ini.

Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tanggal 1 Juni harus kita manfaatkan sebagai momen pengingat, pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.

Saatnya kita berbagi pengalaman dalam mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila untuk ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Selanjutnya Presiden mengajak para ulama, tokoh agama, guru, ustad, politisi, TNI, Polri, pekerja dan pelaku ekonomi serta seluruh komponen bangsa untuk bersama – sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita.

Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju negara yang maju dan jaya. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close