Bale Jabar

KPK Turun Awasi Tes Pantukhir Calon Praja

Peserta tes Pantukhir Capra IPDN Jatinangor. by humas ipdn

JATINANGOR, Balebandung.com – Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor kedatangan 1.758 peserta tes Panitia Penentu Akhir (Pantukhir) Seleksi Penerimaan Calon Praja (SPCP) tahun 2019.

Peserta tes Pantukhir atau calon praja (capra) yang hadir di IPDN, merupakan perwakilan 34 provinsi yang telah lulus tahapan seleksi IPDN. Kedatangan peserta tes pantukhir SPCP IPDN tahun 2019 dilakukan secara bertahap, mulai dari tanggal 9-12 Agustus 2019.

Beberapa tahapan seleksi IPDN sebelum masuk ke tahap akhir yakni tes Pantukhir, diantaranya adalah : tes SKD, tes kesehatan, serta tes psikologi integritas dan kejujuran.

Tes pantukhir merupakan penentuan akhir seleksi penerimaan capra, yang terdiri dari tes kesehatan pusat, tes kesamaptaan (jasmani), tes wawancara dan pemeriksaan penampilan (didalamnya dimasukan indikator untuk mengukur apakah ada indikasi LGBT).

Kepala Bagian Kerjasama dan Humas IPDN Jatinangor Dr. Rinny Dewi Anggraeni, S.Pd., M.Pd mengatakan, dalam kurun waktu lima tahun terakhir ini, pendaftaran calon praja IPDN dilakukan secara online melalui website resmi IPDN www.spcp.ipdn.co.id. Jadwal pendaftar, jadwal tes, lokasi tes dan pengumuman, kata Rinny, semuanya bisa diakses langsung di website IPDN.

“Sejak tahun 2015, SPCP dilaksanakan secara online dan IPDN bekerjasama dengan pihak-pihak yang berkepentingan, termasuk KPK dalam pengawasan penerimaan ini, agar bersih, transparan, dan akuntabel, sehingga sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan.” jelas Rinny. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close