Bale Kab BandungHumaniora

Kuota Jamaah Haji Kab Bandung Bertambah

Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, M.Ip saat peresmian pembinaan manasik massal pertama calon jamaah haji Kab Bandung tahun 1438 H/ 2017 M di Mesjid Al-Fathu Soreang, Kamis (7/7/17). by Kominfo Kab Bdg
Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, M.Ip saat peresmian pembinaan manasik massal pertama calon jamaah haji Kab Bandung tahun 1438 H/ 2017 M di Mesjid Al-Fathu Soreang, Kamis (7/7/17). by Kominfo Kab Bdg

SOREANG – Kuota jamaah haji untuk Kabupaten Bandung bertambah tahun 2017. “Kuota untuk berhaji tahun ini bertambah, dari tahun lalu sebanyak 1.942 orang menjadi 2.587. Hal ini sesuai dengan pemberian kuota dari Saudi. Ini menunjukkan tingkat kesejahteraan masyarakat Kabupaten Bandung juga ada kenaikan,” ucap Bupati Bandung H.Dadang Mochamad Naser, SH, M.Ip saat peresmian pembinaan manasik massal pertama calon jamaah haji Kabupaten Bandung tahun 1438 H/ 2017 M di Mesjid Al-Fathu Soreang, Kamis (7/7/17).

Dari angka tersebut, kata bupati, jumlah Tim Pemantau Haji Daerah (TPHD) dan pembimbing di Jabar diberi jatah sebanyak 259, namun jatah untuk Kabupaten bandung hanya 7 orang. Dia berharap tahun depan TPHD bisa bertambah menjadi 15 orang.

“Jatah TPHD kita hanya 7 orang, padahal sudah kita ajukan 15. Mudah-mudahan dengan bertambahnya calon jemaah haji, tahun depan jatah TPHD nya juga ditambah,” imbuhnya.

Bupati mengimbau kepada para calon jemaah haji agar senantiasa niatkan ibadah untuk berhaji. Tidak perlu memikirkan belanja dan oleh-oleh saat berada di tanah suci lanjutnya. “Niatkan ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji, jangan niatnya belanja. Pahami syariat haji, pelajari lintas sosial dan budaya di sana,” pesan Dadang.

Ia berharap calon jamaah haji bisa menjadi haji mabrur, pemegang amanah untuk kepentingan umat. Di samping itu dapat meningkatkan amalan sosial, kepedulian lingkungan, menjaga hubungan baik dengan Sang Pencipta dan sesama manusia serta alam sekitar dengan seimbang.

“Mudah-mudahan para calon jamaah haji ini menjadi haji yang mabrur, sanes makbul, bisa jadi tauladan yang baik dan menjaga lingkungan dari berbagai sisi dan dimensi, menjaga keharmonisan antara manusia dengan Tuhan, sesama dan alam sekitar,” ungkapnya.

Kepala Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Bandung Drs. H.Dah Saefulloh.,M.Mpd , menyebut jumlah kuota calon Jemaah haji Jawa Barat, 38.852 orang, (38.593 jemaah dan 259 TPHD), dan 2.587 untuk Kabupaten Bandung.

“Kuota jemaah haji Kabupaten Bandung sebanyak 2.587 ini, berasal dari 35 KBIH dari 31 kecamatan, dengan kuota terbanyak Kecamatan Margaasih 365 calon jemaah, Rancaekek 206 orang, Cileunyi 196, Margahayu 137 dan Kecamatan Baleendah 136,” sebut Dah.

Sedangkan kecamatan dengan kuota terkecil yakni Rancabali 14 jamaah, Cangkuang 14 orang, Arjasari 18 orang, Nagreg 23 orang dan Kecamatan Ibun sebanyak 23 orang. Pelaksanaan keberangkatan jamaah calon haji Kabupaten Bandung dibagi menjadi 6 kloter, dengan pemberangkatan pertama dilaksanakan pada 28 Juli 2017 menuju Bekasi, dilanjutkan pemberangkatan ke Mekah pada 29 Juli._Vita

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close