Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale Kota BandungLangit Braga Bakal Bersih dari Semrawut Kabel

Langit Braga Bakal Bersih dari Semrawut Kabel

Kepala PT Telkomsel TBK Jawa Barat Suparyanto bersama dengan Kepala Diskominfo (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Bandung Dr. Asep C. Cahyadi saat memotong kabel yang membentang di perempatan Jalan Braga-Naripan, Minggu (24/4). by Meiwan Humas Pemkot Bandung
Kepala PT Telkomsel TBK Jawa Barat Suparyanto bersama dengan Kepala Diskominfo (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Bandung Dr. Asep C. Cahyadi saat memotong kabel yang membentang di perempatan Jalan Braga-Naripan, Minggu (24/4). by Meiwan Humas Pemkot Bandung

SUMURBANDUNG – Memperindah Jalan Braga baik dari segi infrastruktur maupun estetika merupakan salah satu tujuan utama Pemkot Bandung demi menuju Bandung Juara yang indah dan tertib.

Kepala PT Telkomsel TBK Jawa Barat Suparyanto bersama dengan Kepala Diskominfo (Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika) Kota Bandung Dr. Asep C. Cahyadi, pada Minggu (24/4/16) memelopori pelaksanaan regulator yang telah disepakati dengan melaksanakan pemotongan hantaran udara telekomunikasi (kabel telepon dan internet) yang membentang di perempatan Jalan Braga-Naripan.

Pelaksanaan pemotongan kabel telepon dan internet ini merupakan pertama kalinya dilakukan oleh salah satu operator telekomunikasi yang ada di Kota Bandung dan Pemkot Bandung sangat mengharapkan akan diikuti oleh operator telekomunikasi yang lainnya.

Kepala Divre III Telkom Jawa Barat Suparyanto mengatakan untuk Jalan Braga – Naripan ini jumlah kabel yang membentang mencakup cukup banyak pelanggan.

“Ini kapasitasnya cukup besar. Ada dua kabel fiber itu masing-masing 96 core yang hampir setara dengan 1000-an pelanggan dan nantinya semua akan ditanam di bawah” jelas Suparyanto usai pemotongan kabel.

Untuk lokasi pemotongan memang pertama kali di Braga dan selanjutnya akan dilakukan lagi di tempat lain sesuai dengan permintaan atau sesuai koordinasi dengan pihak Pemkot Bandung.

“Jadi, sementara ini yang kita lakukan sekarang baru di Braga. Untuk kemudian harinya kita akan ngikutin programnya pemkot, pemkot mau yang di mana kita ikut,” ujarnya.

Menurut Suparyanto, sejauh ini kendala yang ada hanya berkisar dalam hal teknis dan kendala kolaborasi yang bisa mewujudkan kegiatan pemotongan kabel terselenggara.

“Umumnya kalo kita kesulitannya teknis, sama kolaborasi. Artinya ketika kita turunkan ke bawah, meski secara teknis memungkinkan, tapi di bawah sudah harus siap,” terangnya.

Ke depan semua jaringan akan berada di bawah tanah sehingga tidak akan banyak lagi kabel berseliweran di udara.

“Ya, pada akhirnya kita kebetulan punya program ducting bersama. Jadi ducting ini menurunkan kabel dengan ada selongsong besar yang nanti seluruh kabel berkaitan dengan telekomunikasi ini akan semuanya turun ke bawah. Ke depan malahan kabel PLN juga akan ditanam semua agar tidak lagi kelihatan jelek,” paparnya.

Kepala Diskominfo Dr. Asep C. Cahyadi, M.Si menambahkan Telkomsel sebagai salah satu operator telekomukasi yang beroparasi di Kota Bandung merupakan perusahaan telekomunikasi pertama yang telah melaksanakan regulatory dengan Pemkot Bandung berkaitan dengan penertiban hantaran udara di Kota Bandung.

“Jadi ini adalah salah satu kepatuhan Telkom terhadap regulator, khususnya yang terjadi di tengah kota di mana kita merapikan kabel-kabel kita dan kita turunkan kabel kita yang ada di Jalan Braga ini, sehingga seratus persen sudah tidak ada di udara lagi dan akan berada di bawah jalan nantinya. Mudah-mudahan dengan kondisi seperti ini di kota menjadi semakin indah lebih rapi,” ungkap Asep.

Ke depannya titik titik proritas akan diutamakan penertiban kabelnya dengan operator-operator lainnya juga karena aspek sarana pra sarana yang cukup besar nilainya.

“Braga, Martadinata, Juanda, jalan itu yang jadi prioritas karena pembangunan ducting-nya yang harus ditanam di dalam tanah yang membutuhkan bukan hanya fasilitas dan prasarana yang cukup lumayan, tapi juga dari aspek pembiayaan pun cukup besar. Makanya kita juga bekerjasama dengan Telkom dan hari ini Telkom memulai kabel yang di atas itu mulai digunting. Nanti secara keseluruhan semuanya akan turun ke bawah,” terang Asep.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI