Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale BandungMasalah Banjir Sebenarnya Bukan di Hilir saja, Seharusnya Daerah Hulu jadi Prioritas

Masalah Banjir Sebenarnya Bukan di Hilir saja, Seharusnya Daerah Hulu jadi Prioritas

Ketua Komisi C DPRD Kab. Bandung dari Fraksi Golkar, H. Yanto Setianto.

Kab. Bandung. Balebandung.com — Menanggulangi banjir di Kabupaten Bandung jangan hanya terfokus pada satu titik prioritas saja, sementara di sumber utama atau hulu yang sebenarnya menjadi pokok utama perbaikan seolah tidak pernah tersentuh program atau perencanaan pusat.

Kalau hanya di lokasi hilir saja, dikatakan Ketua Komisi C DPRD Kab. Bandung dari Fraksi Golkar, H. Yanto Setianto, maka masalah banjir tidak akan menjadi solusi terbaik untuk menghentikan banjir.

“Kalau pun sekarang ada beberapa alternatif dengan dibangunnya Curug Jompong dan yang lainnya, itu bukan untuk menghentikan banjir. Melainkan mengurangi durasi genangan air yang sebelumnya tiga jam menjadi satu jam,” katanya di ruang Komisi, Senin (17/5/2021).

Yanto menvisualisasikan salah satu daerah di wilayah Kecamatan Cimenyan, dia merasa kuatir dengan keadaannya itu. Di atas bukit sudah tidak ada lagi pepohonan keras untuk menahan dan menyimpan air, karena sudah digantikan dengan tanaman sayur.

Alasannya, menurut dia, karena tanaman sayur bisa segera di jual masyarakat dan dapat meraup keuntungan cepat. Sebab bisa segera menghasilkan uang tanpa memikirkan dampak dari perbuatannya itu.

“Itu hanya visualisasi saja sebagai contoh yang sebenarnya harus dipikirkan dengan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi kapan saja,” ujar dia.

Kalau memang mau menanggulangi masalah banjir, lanjut dia, seharusnya benahi dulu hulunya dengan menghijaukan wilayahnya terlebih dahulu. Bukan di hilir saja yang diprioritaskan dan memakan anggaran besar, tapi pusat masalah tidak tersentuh.

Dia memprediksikan, kalau daerah hulu sudah mulai hijau, ada kemungkinan daerah banjir seperti Dayeuhkolot, Bojongsoang, dan Baleendah, akan terhindar dari masalah banjir. (Fattah).

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI