Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiMEA Diberlakukan, Ratusan Tenaga Kerja Asing Serbu Cimahi

MEA Diberlakukan, Ratusan Tenaga Kerja Asing Serbu Cimahi

ilustrasi/net
ilustrasi/net

CIMAHI – Pemkot Cimahi mengaku tidak mampu untuk menghalangi masuknya para pekerja asing dari luar negeri ke wilayah Cimahi. Hal ini seiring diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sehingga keran pekerja luar untuk bekerja di Indonesia terbuka lebar.

“Mau tidak mau, siap tidak siap, kami tidak bisa menolak atau membendung masuknya tenaga kerja asing ke sini,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Pemkot Cimahi, Benny Bachtiar, Rabu (2/3/16).

Menurutnya hal itu mendorong daya saing jadi lebih ketat lagi. Jika kualitas tenaga kerja dalam negeri atau lokal tidak ditingkatkan, maka eksistensi mereka terancam oleh datangnya tenaga kerja dari negara-negara luar khususnya dari negara-negara di Asia Tenggara.

Benny mencontohkan di Jepang dan Cina untuk mengoperasikan satu mesin cuma butuh dua orang. Tapi kalau di sini butuh empat sampai enam orang. Karena itu, imbuh Benny, kualitas pekerja harus terus ditingkatkan agar kita bisa bersaing dengan tenaga kerja asing agar tidak tersisih.

Pihaknya pun mengaku, sudah jauh-jauh hari meminta pihak pengusaha untuk menyiapkan pekerjanya dalam menghadapi pasar bebas ASEAN ini. Karena pihaknya sulit membendung tenaga kerja asing yang masuk ke Kota Cimahi.

Bahkan serbuan tenaga asing sudah mulai terlihat sejak tahun 2015 dan dengan mulai masuknya era MEA maka serbuan tenaga asing pun akan makin banyak dan sulit dikendalikan.

“Bukan hanya pekerja yang harus bersaing para pengusaha pun dituntut untuk lebih inovatif dan produktif karena kedatangan pekerja asing pun membuat upah menjadi lebih mahal,” kata Benny. (fik)

 

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI