Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale JabarMensos; Penerima PKH Jadi 6 Juta KSM

Mensos; Penerima PKH Jadi 6 Juta KSM

bb-mensos-pkh awards
Mensos Khofifah Indar Parawansa saat Annual Summit PKH Jabar 2016 di Gedung Sabuga, Bandung, Kamis (12/5). ist by 3G

BANDUNG – Berdasar data Kementerian Sosial, pada tahun 2015 Kemensos telah memberikan anggaran Program Keluarga Harapan (PKH) di Provinsi Jabar sebesar Rp 949,859 miliar untuk peserta PKH sebanyak 604.518 KSM.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa mengatakan, pihaknya akan menambah penerima PKH dari 3,5 juta (sebesar 7%) menjadi 6 juta (sebesar 11%) KSM di seluruh Indonesia mulai Juni 2016. Sementara untuk Jabar, Mensos Khofifah mengatakan pihaknya akan menambah jumlah penerima di Jabar menjadi 1 juta lebih KSM yang sebelumnya 604.518 KSM ditambah 420.000 KSM.

“Program PKH Ini bagian dari upaya kita untuk memutus mata rantai kemiskinan. Tapi hal ini memang harus diintegrasikan apakah dengan program kementerian atau lembaga lain atau dengan program dari pemprov, pemkot, dan pemkab,” kata Mensos saat Annual Summit PKH Jabar 2016 di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Kamis (12/5/16).

“Misalnya penerima PKH yang rumahnya tidak layak huni (rutilahu) harus dapat prioritas intervensi program rutilahu. Jadi ini upaya integrasi program itu,” tutur Khofifah usai acara.

Mensos juga mengatakan para penerima PKH ini dalam 5 tahun harus mampu untuk mandiri. Hal ini bisa dilihat dari usaha produktif yang telah mereka lakukan, seperti program KUBE (Kelompok Usaha Bersama) yang disertakan dalam PKH ini.

“Kita juga harus menghitung supaya penerima PKH itu maksimal lima tahun mereka mandiri. Itungan mandirinya antara lain ketika mereka sudah dianggap cukup untuk bisa memimpin program usaha ekonomi produktif melalui KUBE. Ada Kelompok Usaha Bersama, maka rutilahunya dari pemprov – KUBE-nya dari Kemensos. Maka 2013 para penerima PKH itu sudah bisa mandiri. Jadi mata rantai kemiskinan diputus ketika dia sudah siap mandiri,” papar Mensos di hadapan awak media yang hadir.

Kegiatan Annual Summit PKH Jabar 2016 ini digelar Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat. Acara ini diikuti 2.820 peserta, yang terdiri dari 108 orang perwakilan pemerintah kabupaten/kota, 388 orang unsur Pilar Partisipasi Sosial Masyarakat, 3 koordinator wilayah, 27 koordinator kabupaten/kota, 2.177 pendamping, dan 177 operator.

Turut hadir pada acara ini Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ketua DPRD Jawa Barat, Dirjen Perlindungan Jaminan Sosial Kemensos, Kepala Bappeda Jabar sekaligus sebagai Ketua Tim Koordinasi PKH Jabar, Kadinsos Jabar yang juga Sekretaris Tim Koordinasi PKH Jabar, para Kepala OPD dan Biro terkait di lingkungan Pemprov Jawa Barat, bupati/walikota atau perwakilan se-Jawa Barat, serta para koordinator wilayah dan koordinator kabupaten/kota PKH se-Jabar.

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI