Bale Kota BandungPamong

Nih, 9 Poin Nota Kerjasama Kota Bandung-Kab Bandung

Sekda Kota Bandung Yossi Irianto menerima kunjungan Sekda Kab Bandung Sofian Nataprawira, di Balaikota Bandung, , Kamis (31/3). by Pri Humas Pemkot Bandung
Sekda Kota Bandung Yossi Irianto menerima kunjungan Sekda Kab Bandung Sofian Nataprawira, di Balaikota Bandung, , Kamis (31/3). by Pri Humas Pemkot Bandung

SUMURBANDUNG – Secara geografis Kota Bandung dan Kabupaten Bandung merupakan satu daerah yang letaknya saling berbatasan, sehingga banyak persoalan daerah terkait urusan pemerintahan maupun pelayanan publik yang saling beririsan.

Dalam waktu dekat Pemerintah Kota Bandung dan Pemerintah Kabupaten Bandung rencananya akan memperkuat kerjasama lintas wilayah agar tercipta efektifitas dan efesiensi dalam menyelesaikan berbagai persoalan lintas batas lebih optimal.

“Menindaklanjuti rapat antara Walikota Bandung dan Bupati Bandung telah menghasilkan beberapa kesepakatan yang nanti akan dituangkan dalan nota kesepakatan yang mencakup beberapa ruang lingkup,” ungkap Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto saat menerima kunjungan Sekda Kabupaten Bandung Sofian Nataprawira, beserta para kepala SKPD dari kedua daerah, di Ruang Tengah Balaikota Bandung, Jl. Wastukancana, Kamis (31/3/16)

Nota kerjasama penataan lintas daerah yang akan ditandatangani kedua kepala daerah tersebut berisi sembilan ruang lingkup diantaranya bidang penataan infrastruktur perkotaan yang mencakup penanggulangan masalah persampahan dan banjir.

“Tidak hanya masalah persampahan dan banjir, terkandung juga ruang lingkup penataan kawasan dan ruang publik karena kita mempunyai ruang-ruang publik yang sama,” imbuh Yossi.

Permasalahan lainnya yang tertulis dalam draft kesepakatan tersebut adalah transportasi dan perhubungan, pengembangan ekonomi kreatif, pendidikan, kesehatan, kebudayaan dan pariwisata, promosi pengembangan industri, perdagangan dan investasi.

“Seperti halnya nanti kita akan bersama-sama akan bekerjasama mempromosikan kedua daerah di bandara Husein Sastranegara yang akan dibuka 1 April nanti,” kata sekda.

Yossi berharap dengan adanya kerjasama tersebut daerah-daerah yang berbatasan dengan Kota Bandung juga ikut menjalin kerjasama melalui mediasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

“Agar terintegrasi kaitan perbatasan terutama permasalahan banjir sampah dan lainnya tidak bisa dituntaskan oleh masing-masing kabupaten kota, tetapi harus ada campur tangan Provinsi Jawa Barat, secepatnya kita akan menemui Sekda Jabar” terang Yossi.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close