Bale JabarPeristiwa

Nih, Alasan Didirikannya Patung Bung Karno di IPDN

bb-jkw-bungkarno-ipdn
Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Pendiri Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Ir Soekarno di Gedung Rektorat IPDN, Jatinangor,, Sumedang, Senin (8/8/). by iwa/bbcom

JATINANGOR – Presiden Joko Widodo meresmikan Monumen Pendiri Akademi Pemerintahan Dalam Negeri (APDN) Ir Soekarno di depan Gedung Rektorat IPDN, Jatinangor, Sumedang, Senin (8/8/16).

Monumen Bung Karno di IPDN itu untuk memperingati berdirinya IPDN yang dibangun pada tahun 1956 silam itu dan diresmikan oleh Ir Soekarno yang juga Presiden Pertama Republik Indonesia.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengaku dirinya baru mengetahui bahwa pendiri IPDN adalah Bung Karno setelah dirinya menjabat sebagai Mendagri. Pendirian patung Bung Karno itu, terang Tjahjo, agar alumni IPDN tidak melupakan bahwa pendiri IPDN adalah Bung Karno.

“Setelah saya jadi menteri, baru tahu ada arsip bahwa pendiri IPDN itu adalah Bung Karno, presiden kita yang pertama pada 17 Maret 1956. Saya kira untuk menghargai siapa pendiri IPDN dan jangan sampai alumni IPDN tidak tahu siapa pendiri IPDN. Jadi kita dirikan patungnya Bung Karno di sini,” kata Mengdagri kepada Balebandung.com, Senin (8/8/16)

Tjahjo mengaku pendirian Monumen Bung Karno di IPDN itu bukan sekadar idenya sendiri namun ide semua pihak terkait. “Ini ide dari semua, termasuk ide Pak Rektor IPDN juga. Termasuk nanti cabang-cabang kampus IPDN yang ada di semua daerah akan kita dirikan Monumen Bung Karno juga,” tandas menteri. [iwa]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close