Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiOPM di Cimahi, Warga Dapat Subsidi Rp 61.000

OPM di Cimahi, Warga Dapat Subsidi Rp 61.000

pembagian sembakoCIMAHI, Balebandung.com – Pemkot Cimahi melalui Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) memberikan subsidi sebesar Rp 61.000 kepada setiap warga. Subsidi itu diberikan pada kegiatan operasi pasar mudah (OPM) berbagai kebutuhan pokok masyarakat yang digelar di tiga kecamatan.

Kabid Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Diskopindagtan Kota Cimahi M Sutarno mengatakan total kuota OPM yang disediakan mencapai 5.000 paket yang merupakan bantuan dari Pemprov Jabar dan Pemkot Cimahi. “Pada OPM kali ini kami memberikan subsidi kepada rumah tangga miskin (RTM) dimana setiap orangnya mendapat subsidi Rp 61.000,” ucapnya.

Dia menyebutkan pelaksanaan OPM pertama digelar Selasa (21/6/2016) di kantor Kecamatan Cimahi Utara untuk 1.500 RTM, kemudian menyusul 1.500 RTM di kantor Kecamatan Cimahi Tengah dan terakhir 2.000 RTM di Kecamatan Cimahi Selatan. Kuota yang dibagi tiap kelurahan memang berbeda-beda dan wilayah Cimahi Selatan kuotanya lebih banyak karena memang jumlah warga miskinnya paling banyak.

“Kami berharap OPM ini bisa menstabilkan harga pangan dan memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari pada bulan ramadan dan menjelang lebaran dimana harga-harga selalu mengalami kenaikan,’ tuturnya.

Pada setiap gelaran OPM warga diberi kupon yang didapat dari RT/RW setempat dan diberlakukan sistem antrean.Tiap warga mendapat jatah 5 kg beras, gula putih 3 kg, dan minyak goreng 3 liter. Harga pasaran untuk keseluruhan paket sembako itu mencapai Rp 130.000 namun di OPM ini warga cukup membayar Rp 75.000/orang.

“OPM ini sangat membantu karena harganya murah beda kalau beli di pasar harga-harganya normal dan saat ini memang sedang mahal,” kata salah seorang warga Rina (38) yang mengaku sudah mengantre dari pagi untuk mendapatkan sembako di OPM ini.*** (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI