Bale Cimahi

Pangdam III/Siliwangi : Masjid Al-Ikhlas Dorong Terbentuknya Kualitas Pribadi Paripurna

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto saat meresmikan Masjid Al-Ikhlas Brigif 15/Kujang II, di Mako Brigif 15 /Kujang di Kel Baros Kec Cimahi Tengah, Jumat (26/6/20). (by Pendam Slw

CIMAHI, Balebandung.com – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyatakan sejatinya prajurit yang hebat tanpa dibekali oleh iman moril yang hebat, tidak akan menjadi prajurit yang hebat.
Hal itu diungkapkan Pangdam saat meresmikan Masjid Al-Ikhlas Brigif 15/Kujang II Kodam III/Siliwangi, di Mako Brigif 15 /Kujang di Kelurahan Baros Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jumat (26/6/2020).

Pangdam berharap dengan diresmikannya masjid ini dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan pada diri seseorang yang kemudian secara konsisten diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Dampaknya akan mendorong terbentuknya insan kamil atau kualitas pribadi yang paripurna, yakni pribadi yang mengerti dan memahami serta dapat menjalankan kewjibannya sebagai insan hamba Tuhan dan sebagai warga negara yang baik, ” jelas Pangdam.

Pangdam menyampaikan selamat kepada seluruh anggota dan keluarga besar Brigif 15/Kujang II atas diresmikannya kembali Masjid Al-Ikhlas setelah dilakukan renovasi di beberapa bagian yang dilaksanakan sejak bulan Oktober 2019.

“Kita maklumi bersama, masjid merupakan fasilitas atau tempat ibadah bagi umat Islam, sekaligus berfungsi pusat pembinaan mental, spiritual dan wadah ukuwah Islamiah dalam kebaikan, ” tandasnya.

Dengan selesainya renovasi Masjid Al-Ikhlas ini, lanjut Pangdam, tentunya memberikan kebanggaan tersendiri yang perlu disyukuri dan dimaknai secara mendalam, sehingga dapat memberikan nilai tambah dalam membangun kualitas akhlak bagi prajurit serta keluarga besar Brigif 15/Kujang II.

“Oleh karena itu, marilah kita memakmurkan masjid Al-Ikhlas Brigif 15/Kujang II Kodam III/Siliwangi dalam rangka meningkatkan nilai dan kualitas amal ibadah bagi kita semuanya, ” seru Pangdam.

Danbrigif 15/Kujang Kolonel Inf Ardiansyah menyampaikan masjid ini dibangun pada tahun 1997, awal ketika brigade ini dibangun oleh Wiranto pada waktu itu. Dalam pagelarannya, luasnya hanya 6 x 6 m, masjid ini situasinya semua kusen-kusen sudah termakan rayap termasuk juga tiang-tiangnya di atas.

“Dari diskusi kecil, kami dengan para perwira berinisiatif untuk merenovasi dan terkumpulah dana kurang lebih Rp 200 juta, dengan harapan masjid ini bisa kami renovasi. Mulai tanggal 23 Oktober 2019, masjid ini kami bangun ulang, ” tutur Kol Inf Ardiansyah.

Sebelum pelaksanaan kegiatan tersebut, Pangdam III/Siliwangi bersama pejabat utama (PJU) Kodam III/Siliwangi yang diikuti lebih kurang 30 orang mengawali kegiatan dengan melakukan touring bersama. Garis start dari Makodam III/Siliwangi menuju Kabupaten Bandung dan istirahat sejenak di Kodim 0624/Kabupaten Bandung langsung disambut oleh Dandim 0624/Kabupaten Bandung Letkol Inf Donny Ismuali Bainuri.

Selanjutnya rombongan melanjutkan perjalanan menuju Brigif 15/Kujang dalam rangka peresmian Masjid Al-Ikhlas. Setibanya di Mabrigif 15/Kujang, Pangdam III/Siliwangi dan rombongan disambut oleh Danbrigif 15 /Kujang.

Tampak hadir pada acara tersebut, Pejabat Utama Kodam III/Siliwangi, Wali Kota Cimahi, Ketua Persit KCK PD III/Siliwangi dan para pengurus, Dandim 0609/Cimahi serta perwakilan dari Pussenarmed.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close