Bale Kota BandungPeristiwa

Parade Bung Karno dan Pancasila Jadi Festival Tahunan

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memberikan sambutan selamat datang kepada para tamu undangan yang hadir di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (1/6). by Imanuddin Ramdhani/Bbcom
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memberikan sambutan selamat datang kepada para tamu undangan yang hadir di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (1/6). by Imanuddin Ramdhani/Bbcom

BANDUNG – Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 diawali dengan kemeriahan parade seni budaya yang melintasi sepanjang Jalan Asia-Afrika. Untuk pertama kalinya parade budaya bertemakan Bung Karno dan Pancasila ini digelar dan akan masuk ke dalam agenda festival tahunan Pemkot Bandung.

Ragam peserta parade seperti para mojang Bandung, pencinta sepeda onthel, parade marching band, pramuka dan pasukan pengibar bendera menjadi simbol-simbol parade kebangsaan dan Pancasila tersebut.

“Parade seperti ini, rencananya akan digelar setiap tahunnya, harapan saya akan lebih meriah lagi,” kata Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat memberikan sambutan selamat datang kepada para tamu undangan yang hadir di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung, Rabu (1/6/16).

Ridwan menuturkan pawai tersebut merupakan salah satu ungkapan rasa cinta warga Kota Bandung kepada Pancasila. Emil pun mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dalam mendalami dasar negaranya. “Kami ingin melestarikan Pancasila, maka kami juga mengajak generasi muda untuk berpartisipasi dalam acara ini, agar mereka semakin mendalami dasar negaranya,” kata dia.

Peringatan Pidato Bung Karno 1 Juni 1945 sendiri, merupakan perhelatan tahunan akbar MPR. Tahun ini, hari bersejarah tersebut mengangkat tema Pancasila Ideologi Bangsaku, Semangat Negeriku. Kota Bandung mendapat kesempatan menjadi tuan rumah karena memiliki kedekatan historis dengan Bung Karno.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close