Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBale Kota BandungPD Kebersihan-Daarut Tauhid Kerjasama Sedekah Sampah

PD Kebersihan-Daarut Tauhid Kerjasama Sedekah Sampah

Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana saat Bandung Menjawab di Media Lounge Bale Kota Bandung, Kamis,(27/7). by Humas Pemkot Bdg
Dirut PD Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdiana saat Bandung Menjawab di Media Lounge Bale Kota Bandung, Kamis,(27/7). by Humas Pemkot Bdg

BALEKOTA – Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Deni Nurdiana mengatakan PD Kebersihan dan Daarut Tauhid (DT) bekerjasama Program Sedekah Sampah yang di-launching di Trans Studio Bandung, Kamis, (27/7/17).

“Program ini adalah kegiatan pemberdayaan jamaah DT, yang melaksanakan pengajian akan membawa sampah yang sudah dipilah untuk dibeli oleh stand Bank Sampah PD Kebersihan. Nantinya hasil pembelian sampah akan didonasikan langsung kepada DPUDT (Dompet Peduli Umat Daarut Tauhid),” ungkap Deni saat Bandung Menjawab di Media Lounge Bale Kota Bandung, Kamis (27/7/17).

Deni menyebut bank sampah di Kota Bandung sampai dengan dua minggu yang lalu sudah mencapai 686 member atau nasabah yang berbentuk bank sampah kecil di tingkat RW hingga kelurahan yang dikelola PD Kebersihan.

“Nasabah yang dikelola oleh PD Kebersihan akan langsung menyetor sampah yang sudah dipilah ke kami. Tetapi ada juga yang dikelola oleh bukan PD Kebersihan sebanyak 96 bank sampah yang akan langsung menjual sampah pilahannya ke industri,” terangnya.

Lebih lanjut deni mengatakan inovasi dengan DT dan Dompet Peduli Umat merupakan gebrakan awal sebelum nantinya akan diadopsikan di kewilayahan di lingkungan Pemkot Bandung.

“Dalam pengajian di DT saja ada 2.000 jamaah yang membawa sampah. Bila nanti ke depan diimplementasikan di kewilayahan, akan sangat menstimulasi berkembangnya bank sampah hingga 1.000-1.500 bank sampah di kewilayahan,” jelas Deni

Ia mengatakan selain membantu dalam hal pengelolaan sampah. Kerjasama ini juga merubah paradigma sampah yang kotor menjadi hal yang baik dan bermanfaat bagi umat.

“Tujuan sedekah sampah dan pemilahan sampah di rumah-rumah adalah menumbuhkan sikap sosial yang tinggi, dan merubah paradigma sodakoh bukan hanya dengan uang, tetapi bisa dengan banyak hal yang bermanfaat salah satunya dengan sampah,” tuturnya.

BERITA TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI