Bale KBBEkonomi

PDAM Tirtaraharja Jamin Pasokan Air Saat Lebaran Aman

Salah satu sumber mata air baku PDAM Tirta Raharja Kab Bandung di Situ Cipanunjang Desa Warnasari Kec Pangalengan Kab Bandung.
Salah satu sumber mata air baku PDAM Tirta Raharja Kab Bandung di Situ Cipanunjang Desa Warnasari Kec Pangalengan Kab Bandung.

CISARUA – PDAM Tirtaraharja Kabupaten Bandung menjamin pasokan air bersih selama puasa dan lebaran tahun ini aman. Ini dikarenakan bulan puasa tahun ini masih musim penghujan sehingga stok air baku di sumber-sumber mata air cukup melimpah.

“Kami menjamin pasokan air bersih ke para pelanggan dan konsumen selama puasa hingga lebaran nanti aman karena bahan baku air saat ini melimpah,” kata Kepala Bagian Humas dan Hukum PDAM Tirtaraharja Kabupaten Bandung Dadang Supriadi.

Dadang mengakui jika di bulan puasa ini terjadi peningkatan konsumsi air sebesar 10% jika dibandingkan dengan hari-hari biasa. Ini karena aktivitas konsumen sudah dimulai sejak malam hari baik untuk kebutuhan masak sahur, mencuci, ibadah, atau kebutuhan lainnya.

Namun kondisi itu selalu terjadi setiap tahunnya ketika memasuki bulan puasa. Dengan kondisi bahan baku air yang melimpah maka pasokan air ke konsumen tetap akan stabil. Saat ini debit air di wilayah KBB dan Cimahi mencapai 250 liter/detik yang berasal dari sumber mata air yang ada di Lembang dan Cisarua. Tidak hanya itu pihaknya pun mengoptimalkan dua sumur artesis di Padalarang sebagai sumber bahan baku air.

“Jadi jika tidak ada kendala teknis seperti kebocoran pipa atau persoalan teknis lainnya kami pastikan pelayanan tetap lancar,” tukasnya.

Saat ini, kata dia, PDAM Tirtaraharja memiliki 80.000 lebih pelanggan terdiri dari sebanyak 66% di Kabupaten Bandung, 14% di Kabupaten Bandung Barat, dan 20% di Cimahi. Setiap tahun, konsumsi air ledeng di tiga wilayah itu mencapai 16 juta meter kubik atau rata-rata 17 meter kubik/orang/bulan. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close