Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiPemudik Motor yang Melintas di Cimahi akan Naik 20%

Pemudik Motor yang Melintas di Cimahi akan Naik 20%

Arus Mudik MotorCIMAHI – Pemudik yang menggunakan sepeda motor di tahun ini yang melintas di kawasan Cimahi diprediksi akan mengalami peningkatan sebesar 20% dibandingkan tahun lalu.

Kabid Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Cimahi Kosasih peningkatan itu terjadi karena banyak pemudik yang memilih menggunakan sepeda motor untuk pulang ke kampung halamannya. “Prediksi kami aka nada kenaikan sekitar 20% pemudik motor dari arah barat menuju timur yang melintasi wilayah Cimahi,” kata Kosasih.

Dia mengatakan sebagai kota yang berada di jalur perlintasan maka otomatis Cimahi akan terkena dampak dari arus mudik ini. Sebab pemudik yang tidak menggunakan jalur tol dipastikan akan melewati Cimahi sehingga diprediksi akan terjadi kepadatan kendaraan di sepanjang ruas jalan protokol yang ada di Cimahi.

Namun dengan ruas jalan yang terbatas maka peningkatan kendaraan ini menjadi persoalan yang harus diantisipasi karena jika tidak bisa terjadi kemacetan parah. Salah satu cara yang akan dilakukan adalah dengan melakukan rekayasa jalan agar kendaraan pemudik tidak bercampur dengan warga Cimahi dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari.

“Rekayasa jalan akan diterapkan situasional dan berkoordinasi dengan aparat kepolisian. Biasanya dilakukan di titik-titik yang rawan macet seperti di Alun-alun Cimahi, Stasiun Cimahi, Pasar Antri dan Tagog,” sebutnya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan membangun dua pos terpadu dan dua pos mobile yang berfungsi mengurai kemacetan. Pos terpadu akan ditempatkan di Alun-alun Cimahi dan Kebon Kopi sedangkan pos mobile akan ditempatkan di Leuwigajah dan Sangkuriang. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI