Kamis, Oktober 28, 2021
BerandaBale KBBPemudik Tak Bisa Lintasi Jalan Amblas di KBB

Pemudik Tak Bisa Lintasi Jalan Amblas di KBB

Jl Raya Cipatat KBB
Jl Raya Cipatat KBB

CIPATAT – Jalan nasional yang amblas di Desa Citatah Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB) saat ini sedang dalam proses perbaikan. Namun karena kerusakan jalan cukup parah, maka kemungkinan perbaikan jalan ini tidak akan selesai sebelum Idul Fitri tahun ini.

Padahal sebelumnya diharapkan perbaikan jalan nasional yang ambles karena pergerakan tanah sejak Desember 2015 itu diharapkan bisa selesai sebelum lebaran. Sehingga pada pelaksanaan arus mudik lebaran jalan yang menghubungkan antara KBB dan Cianjur ini sudah bisa dipergunakan opara pemudik.

“Perkiraan kami perbaikan jalan ini akan memakan waktu sekitar tujuh bulan. Itu berarti baru selesai setelah Idul Fitri,” kata  Suryohadi, Petugas Pelaksana dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU), Senin (28/3/2016).

Suryo menyebutkan perbaikan badan jalan yang ambles di Citatah itu tidak akan beres 100% sebelum arus mudik lebaran. Kendati begitu pihaknya masih berupaya agar proses perbaikan selesai sebelum lebaran. Suryohadi mengakui pihaknya terkendala dengan cuaca dimana setiap hari selalu turun hujan sehingga menghambat proses perbaikan. “Kalau hujan deras turun, praktis pekerjaan dihentikan dan itu cukup menyita waktu,” keluhnya.

Selama proses perbaikan ini arus lalulintas digeser ke samping kiri badan jalan dari arah Padalarang menuju Cipatat.  Salah satu rumah warga yang berada di samping jalan yang ambles terpaksa harus dibongkar untuk dijadikan jalan darurat dengan lebar 8 meter dan itu cukup memungkinkan untuk dilalui dua kendaraan yang berlawanan arah.

“Kondisinya darurat. Jadi kami terpaksa menyewa lahan itu selama proyek dikerjakan, karena arus lalu lintas harus tetap lancar. Mengingat jalur ini adalah kawasan padat kendaraan setiap harinya,” kata dia. (fik)

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI