Bale KBBEkonomi

PLTA Uper Cisokan di Rongga KBB Ditargetkan Tuntas 2020

ist by fj
ist by fj

BANDUNG BARAT – Pembangunan PLTA Upper Cisokan di Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat dan sebagian Kabupaten Cianjur ditargetkan selesai tahun 2020.

Manajer Bidang Hukum, Komunikasi dan Pertanahan PT PLN Unit Induk Pembangunan VI, Kateni mengatakan, saat ini pembangunan mega proyek itu sedang berjalan. Nantinya PLTA Upper Cisokan akan dibangun dilahan seluas total 720 hektare dan saat ini posisi pembebasan lahan sudah mencapai 99%.

“Pengerjaan fisik akan dimulai September tahun ini, tapi untuk persiapan sudah berjalan dan ditargetkan tahun 2020 sudah selesai,” ucapnya Sabtu (23/4/16).

Dia menjelaskan sejauh ini proses pembangunan yang sudah berjalan baru pembangunan jalan akses road sepanjang 27 kilometer dan persiapan untuk pembangunan DAM atas dan bawah. Hal itu tidak mudah mengingat perlu persiapan yang matang terlebih saat ini cuaca pun sedang tidak bersahabat.

Disinggung terkait budget pembangunan, dia menyebutkan secara total pembangunan PLTA Upper Cisokan itu menggunakan anggaran dari dua sumber takni dari pinjaman World Bank sebesar 640 juta dollar AS dan dari PT PLN sendiri yang angkanya mencapai 160 juta dollar AS.

“Dana 640 juta dollar AS ini khusus untuk pembangunan bendungan utama dan prasarana lainnya. Sedangkan dana dari PT PLN diperuntukan untuk pembebasan lahan serta pembangunan akses road,” ucapnya.

PLTA Upper Cisokan ditujukan membantu pasokan listrik untuk wilayah Jawa dan Bali dengan volume terbesar di wilayah Jabar. PLTA itu akan memasok sekitar 1.040 MW listrik. Itu akan menutupi kekurangan pasokan listrik di Jabar yang sejauh ini masih ikut dibantu pasokan dari Jateng. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close