Rabu, Oktober 20, 2021
BerandaBale JabarVenue Bola Basket di PON 2016 Hanya Perlu Sedikit Pembenahan

Venue Bola Basket di PON 2016 Hanya Perlu Sedikit Pembenahan

GOR C-Tra Arena. Net
GOR C-Tra Arena. Net

BANDUNG – Panitia penyelenggara cabang olahraga bola basket siap menggelar pertandingan Pekan Olahraga Nasional XIX/2016 Jawa Barat. GOR C-tra Arena yang menjadi arena pertandingan sudah siap digunakan dan hanya akan dilakukan perbaikan pada sarana dan fasilitas penunjang.

Demikian disampaikan Ahmad Darojat, Ketua Panpel Cabor Bola Basket PON XIX. Sebagai bagian dari persiapan, pihaknya pun menggelar test event di GOR tersebut pada Selasa-Kamis (19-21/4/2016) yang mempertandingkan Tim Pelatda Bola Basket Putra Jawa Barat, DKI Jakarta, Papua Barat, dan Mahasiswa ITHB Kota Bandung.

“Alhamdulillah hal-hal penunjang venue pertandingan sejauh ini sudah teratasi. Pengelola pun sudah siap untuk melakukan perbaikan ringan ruangan penunjang dalam waktu dekat,” terang Ahmad. Kata dia, ruangan yang akan direnovasi antara lain locker room dan press room.

Ahmad menjelaskan, pada pelaksanaan bola basket PON XIX  akan diikuti para atlet dari 16 provinsi yang terbagi dalam 13 tim putri dan 14 tim putra. Setiap hari akan ada tujuh game (pertandingan) yang dimulai dari 8.00 hingga 22.00. Seluruh pertandingan dari penyisihan hingga final akan berlangsung selama 10 hari.

Tim putra dan putri masing-masing akan dibagi dalam tiga pool dengan sistem pertandingan setengah kompetisi. Pada semifinal, tim yang berlaga adalah juara dari setiap pool dan satu runner up terbaik. Sementara wasit yang akan memimpin pertandingan, masih kata Ahmad, adalah wasit yang ditugaskan Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi).

“Alhamdulillah kelengkapan pertandingan juga sudah siap. Ada 24 wasit berkualifikasi nasional, yaitu wasit yang memiliki lisensi A nasional dan lisensi International Basketball Federation (FIBA). Indonesia punya 8 wasit berlisensi FIBA dan akan memimpin pertandingan pada PON nanti. Insya Allah semuanya siap,” kata Ahmad.[bar]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI