Bale JabarHankam

Prajurit Siliwangi Bertekad Jadi yang Terdepan di Citarum Bestari

 Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo

BANDUNG – Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Hadi Prasojo hari Jumat (17/6/16) ini meninjau anak-anak Sungai Citarum dalam rangka kegiatan Citarum Bestari Kodam III/Slw. Disebutkan sasaran peninjauan meliputi anak-anak Sungai Citarum di wilayah Kodim 0618/BS dan 0609/Kab Bandung.

Pangdam menandaskan pihaknya bertekad menjadi yang terdepan dalam Kegiatan Revitalisasi Budaya Gotong Royong Memelihara Lingkungan Melalui Beberesih Citarum yang bertujuan untuk mewujudkan Gerakan Citarum Bestari (Bersih, Sehat, Indah Lestari).

Terkait hal itu, Pangdam memerintahkan kepada jajarannya dari tingkat pusat sampai bagian terbawah untuk bekerja keras membantu mewujudkan kegiatan yang merupakan program Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang dicanangkan 2 Mei 2016 tersebut.

Target yang ingin dicapai dalam kegiatan ini menurut Pangdam bukan masalah lamanya waktu yang digunakan, tetapi lebih kepada sejauh mana hasilnya nanti Citarum menjadi bersih, dan utamanya masyarakat menjadi sadar dan semakin cinta lingkungan, dengan tidak membuang sampah, limbah, kotoran hewan dan buang hajat ke sungai.

Ditambahkan Jenderal berbintang dua ini, kegiatan tersebut dilakukan dengan 2 metode dan Kodam III/Siliwangi akan mendukung pada metode fisik melalui gotong royong kerja bakti yang nantinya akan dilakukan bersama masyarakat.

“Ada 100 desa menjadi target sampai Desember nanti,. Kita jadikan kegiatan ini untuk membangun kembali budaya gotong royong sebagai identitas negeri ini dan kita kembalikan Citarum sebagaimana aslinya dulu,” kata Pangdam dirilis Pendam III/Slw. Dengan kegiatan ini pula, imbuh Pangdam, Kodam III/Siliwangi ingin membuktikan bahwa prajuritnya selalu ada dan dekat serta dicintai rakyat.

Sementara informasi yang dihimpun dari Penerangan Kodam III/Slw (Pendam), Pangdam beserta rombongan meluncur dari Makodam III/Slw menuju Kodim 0618/BS. Dari situ rombongan kemudian meninjau anak Sungai Citarum di Kelurahan Cempaka, Kecamatan Andir Kota Bandung.

Lantas pangdam beserta rombongan menuju jembatan perbatasan Rajawali dan Jembatan Cijerah, lalu menyusuri sungai ke TPS. Usai solat Jumat Pangdam meluncur ke Jembatan Pasar Cijerah, terus menyusuri sungai ke jembatan PT Kahatex.

Sekitar pukul 14.00 WIB, Pangdam menuju Sungai Cibeureum, Desa Nanjung, Kec Margaasih, Kab Bandung setelah diterima Kodim 0609/Kab Bandung. Dari situ berlanjut ke Sungai Ciwidey di Desa Pameuntasan, Kecamatan Kutawaringin, Kab Bandung. Pangdam pun berlanjut ke Sungai Ciranjeng, Desa Sukamukti, Kec Katapang, Kab Bandung hingga akhirnya kembali ke Makodam.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close