Bale Kota BandungPeristiwa

Ridwan Kamil; Situasi Cicendo Sudah Aman Terkendali

 Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendatangi lokasi kejadian terorisme di Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin (27/2). by Meiwan Humas Pemkot Bandung
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendatangi lokasi kejadian terorisme di Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin (27/2). by Meiwan Humas Pemkot Bandung

CICENDO – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mendatangi lokasi kejadian terorisme di Kelurahan Arjuna, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Senin (27/2/17). Walikota mengatakan, beranjak sore Senin (27/2) , situasi di Kelurahan Arjuna Kota Bandung sudah aman terkendali.

“Pelaku percobaan bom panci sudah dilumpuhkan kepolisian. Para staf kelurahan semua dalam kondisi sehat walafiat. Terima kasih untuk tim Polrestabes dan Polda Jabar. Hatur Nuhun,” ucap walikota dalam akun fb-nya.

Ridwan menegaskan tidak ada tempat untuk teroris di Kota Bandung. Kejadian ini menjadi kewaspadaan bagi seluruh masyarakat Kota Bandung. “Di sini tidak ada tempat untuk teroris, kita akan bersama-sama memberantas radikalisme yang berkembang di Kota Bandung,” tegas Ridwan. Ia menghimbau seluruh masyarakat Kota Bandung untuk berhati-hati dan lebih cermat melawan aksi teroriseme.

“Alhamdulillah, pelaku sudah diamankan dan kondisi sudah dapat dikendalikan. Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dengan tindak kejahatan terorisme dan bersama-sama untuk melawannya,” ucapnya.

Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan yang berada di lokasi mengatakan, pelaku dapat dipastikan jaringan lama yang sudah pernah melakukan teror yang sama di lain tempat. Hal ini dapat dilihat dari tuntutan pelaku sebelum melakukan teror.

“Pelaku yang di dalam sudah kita amankan. Motif ingin membebaskan pelaku yang ada di Densus dan kemungkinan pelaku ini adalah jaringan lama,” kata kapolda.

LPihaknya belum dapat memastikan secara detail siapa pelaku yang akan melakukan pemboman di Kelurahan Arjuna ini. Tapi dapat dipastikan, pelaku adalah warga Bandung. Saat dilumpuhkan, pelaku membawa senjata api rakitan laras pendek. “Masih kita identifikasi, kita pastikan lagi siapa yang bersangkutan,pelaku membawa senjata api jenis pistol,” katan Anton.

Kawasan Cicendo tepatnya di Kantor Kelurahan Arjuna Kota Bandung Bandung, sekitar pukul 09.00 WIB Senin (27/2) digemparkan dengan aksi pelaku teroris yang meledakan sebuah bom panci rakitan di Taman Pandawa. Tidak hanya itu, pelaku kabur ke ke dalam Kantor Kelurahan Arjuna dan menodongkan senpi rakitannya ke arah Aparatur Sipil Negeri (ASN) yang sedang bekerja dan membakar kantor kelurahan. Namun petugas berhasil memadamkannya.

Salah seorang korban yang berada di dalam kantor Kelurahan Arjuna, Irfan mengatakan, pelaku yang memakai jaket hitam berlari dari arah luar ke dalam kantor dengan menodongkan senjata api, sehingga semua ASN yang di dalam secara replek bersembunyi di bawah meja dan selanjutnya pelaku berlari ke aula yang berada di lantai 2.

“Saya sedang ngetik, lalu tiba-tiba ada pria memakai jaket hitam masuk dengan menodongkan senjata api dan menantang Densus 88 untuk melepaskan pelaku teroris yang ditahan oleh Densus 88. Selanjutnya dia langsung lari ke lantai 2. Kitapun shock dan memberanikan diri berlari keluar,” tutur Irfan.

Selain itu, Emil mengunjungi dan menenangkan sejumlah korban ASN yang shock dengan kejadian yang menimpa mereka. Walikota pun merasa bersyukur karena tidak ada korban jiwa dalam kerjadian tersebut.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close