Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBale JabarSertifikasi Peternak Sapi Terkendala Anggaran

Sertifikasi Peternak Sapi Terkendala Anggaran

peternak sapiBANDUNG – Pemprov Jabar siap memacu sertifikasi peternak sapi perah hingga 2020 guna meningkatkan kualitas susu yang ada di provinsi tersebut. Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Jabar Dody Firman Nugraha mengatakan sertifikasi tersebut berdasarkan Peraturan Pemerintah tentang Budi Daya Sapi Perah yang Baik. Dody mengakui hingga kini implementasi sertifikasi tersebut masih belum dilakukan akibat terkendala anggaran.

“Sertifikasi peternak berhubungan dengan mutu salah satunya sarana dan prasarana yang diterapkan oleh mereka dalam memelihara sapi perah,” terang Dody, Senin (15/8/16).

Menurutnya, pada intinya sertifikasi tersebut agar peternak sapi perah di dalam negeri terutama Jabar bisa berdaya saing dengan luar negeri. Sebab selama ini industri pengolahan susu (IPS) mengisyaratkan salah satu syarat untuk memasukkan produksi susu salah satunya dari mutu pemeliharaan yang dilakukan peternak.

“Sertifikasi itu harus dilaksanakan ke perorangan tidak melalui koperasi. Hal ini dilakukan agar peternak mampu berdaya saing apabila hewannya memiliki nilai tambah terutama jaminan mutu,” ungkapnya.

Kendati demikian, pihaknya menjelaskan saat ini belum ada peternak yang sudah disertifikasi akibat keterbatasan anggaran. Akan tetapi, mulai tahun depan pihaknya akan melakukan berbagai tahapan mulai dari sosialisasi hingga ke pembinaan.

“Untuk sarana dan prasarana sebenarnya yang membutuhkan biaya tinggi. Intinya, kami akan tetap untuk ke arah sana [sertifikasi peternak],” ungkapnya.

Di samping itu, pihaknya juga akan melakukan sertifikasi terhadap bibit sapi perah guna meningkatkan kualitas susu. Dody menjelaskan, saat ini sertifikasi sudah mulai bertahap dilakukan kepada beberapa bibit yang ada di Disnak Jabar. Namun, hal tersebut belum sampai ke realisasi penerimaan sertifikat. “Bahwa saat ini perlu sekali, Alhamdulilah sudah melaksanakannya,” ucap Dody.

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

spot_img

TERKINI