Selasa, Oktober 19, 2021
BerandaBale CimahiSMKN 2 Cimahi Kembangkan Teknologi Robotik

SMKN 2 Cimahi Kembangkan Teknologi Robotik

net
net

CIMAHI – Jurusan Mekatronika SMKN 2 Cimahi sudah beberapa kali menuai prestasi di berbagai ajang kompetisi robotik. Robot-robot ciptaan para siswa di sekolah ini bahkan beberapa kali sudah menorehkan prestasi di ajang tingkat nasional.

Guru mekatronika yang juga pembina robotik SMKN 2 Cimahi Kusman Subarja mengatakan pihaknya terus mengembangkan kreatifitas para siswa dalam hal robotik dan ternyata animo siswa juga cukup tinggi. Terlebih Indonesia masuk dalam MEA hingga diharapkan karya mereka bisa menunjang perkembangan jaman.

“Animo siswa cukup tinggi untuk membuat robot,” kata Kusman di sela open house di halaman SMKN 2 Cimahi, Selasa (17/5/16).

Pihaknya sengaja menggelar open house untuk memperkenalkan produk-produk karya para siswa. Untuk itu dalam kegiatan ini jurusan Mekantonika mengeluarkan robot-robot karya para siswa. “Kalau buatan para siswa sudah lebih dari 100 buah robot yang diciptakan dan diikutkan berbagai perlombaan,” sebutKusman.

Pihaknya pun berharap dengan open house ada investor yang tertarik. Sebab karya anak-anak meski masih prototif namun sudah dibuat massal dan bisa untuk dikembangkan menjadi industri. “Harapan kami ada investor yang tertarik dan mau melirik karya-karya anak bangsa ini,” ucapnya.

Beberapa robot yang pernah merebut juara di even nasional yaitu Robot Penjinak Bom, Robot Hareubot, Sumo Robot, CalungCang, Pohon ION, dan Robot Wayang. Bahkan yang terbaru, Lamp Ion berhasil merebut juara pertama inovasi hardware dalam acara Bluetech Telkom University bulan Februari 2016. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI