Bale CimahiPeristiwa

Sungai Cibaligo Tercemar

ilustrasi/net
ilustrasi/net

CIMAHI – Petugas dari Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Cimahi mengambil sampel air sungai Cibaligo di beberapa titik lokasi, Rabu (30/3/2016). Sampel tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pengujian apakah airnya tercemar atau tidak.

“Uji lab itu untuk melihat apakah air sungai itu tercemar atau tidak karena hal itu tidak bisa dilakukan berdasarkan kasat mata,” terang Kepala KLH Kota Cimahi, M Ronny.

Ada tiga petugas KLH yang turun langsung ke sungai Cibaligo yang ada dibelakang Rumah Sakit Mitra Anugrah Lestari (MAL) untuk mengambil sampel. Sementara tiga orang petugas lainnya mengemas air sungai yang mengeluarkan bau tak sedap ini ke dalam botol.

Menurutnya uji sampel ini akan dilakukan di enam titik koordinat karena di lokasi itu banyak laporan dan keluhan dari masyarakat. Untuk itu, pihaknya menelusuri sungai-sungai di Cimahi untuk mengetahui titik-titik sungai yang tercemar.

Apabila dari hasil uji lab sudah ada maka menjadi patokan untuk mengambil tindakan nantinya. Walaupun diakuinya jika secara umum kondisi aliran sungai Cibaligo mulai dari perbatasan dengan Kabupaten Bandung Barat sudah tercemar oleh kotoran hewan dan pertanian. Kondisi itu diperparah dengan banyaknya limbah pabrik yang dibuang ke aliran sungai ini.

“Pengambilan sampel ini juga untuk lebih memastikan tindakan yang akan diambil nantinya, jangan sampai tindakan kami salah dan justru digugat oleh pihak luar,” tuturnya. (fik)

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close