Bale KBBPeristiwa

Tak Saksikan GMT Tahun Ini, Harus Nunggu 350 Tahun Lagi

ilustrasi/net
ilustrasi/net

LEMBANG  – Jika melewatkan fenomena alam Gerhana Matahari Total (GMT) tahun ini, maka harus sabar menunggu hingga tujuh tahun yang akan datang untuk melihat kejadian serupa. Bahkan untuk warga Belitung dan Palembang yang tahun ini bisa melihat GMT secara total, maka untuk merasakan fenomena yang sama membutuhkan waktu lebih lama lagi yakni mencapai 350 tahun yang akan datang.

“Gerhana matahari ini akan terjadi tujuh tahun lagi, tapi itu pun yang mengalami total akan terjadi di Papua, Tidore dan Ternate. Sedangkan bagi warga Belitung dan Palembang yang tahun ini mengalami GMT, maka hal itu akan terjadi lagi 350 tahun yang akan datang,” ungkap peneliti Observatorium Bosscha Lembang, Bandung Barat, Evan Irawan Akbar, Selasa (8/3/16).

Evan menjelaskan, Bosscha sudah memiliki catatan prediksi peristiwa gerhana matahari hingga 3.000 tahun ke depan. Prediksi tersebut sangat detail mulai dari hari, jam, menit, hingga detik kejadiannya. Perhitungannya sangat rumit dan detil, tapi hampir dipastikan berdasarkan pengalaman sebelum-sebelumnya prediksi itu tidak akan pernah meleset.

Menurut Evanpenghitungan jadwal fenomena astronomi tersebut menggunakan teknologi terkini dengan tingkat akurasi tinggi. Penghitungannya berdasarkan peredaran dan rotasi bumi, bulan, dan matahari. Nantinya berdasarkan penghitungan tersebut siklus gerhana matahari tidak beraturan. Hal itu disebabkan posisi bulan, bumi, dan matahari yang berubah-ubah.

“Jadi gerhana tidak bisa ditentukan setiap berapa tahun sekali karena posisinya berbeda-beda. Namun tetap bisa dihitung prediksinya,” terangnya.

Sebelum peristiwa GMT yang bisa dilihat di wilayah Indonesia, pernah terjadi pada tahun 1983, 1988, dan 1995. Namun, tidak semua wilayah di Indonesia bisa menyaksikannya. Sementara pada GMT Rabu (9/3/16) ini peristiwanya akan dimulai pada pukul 06.20 WIB hingga 08.20 WIB di mana puncak gerhana akan terjadi pada pukul 07.21 WIB dengan posisi matahari sekitar 10-40 derajat. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close