Bale KBBGaya Hidupkesehatan

Usai Lebaran Pasien Puskesmas Membludak

pasien-membludak-puskesmasNGAMPRAH – Usai lebaran jumlah kunjungan pasien di beberapa puskesmas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami peningkatan. Seperti terjadi di Puskesmas Ngamprah di mana jumlah pasien yang datang meningkat tajam dibanding hari biasanya.

Dokter Puskesmas Ngamprah Indah Mora Lubis mengatakan sedikitnya ada 100 lebih kunjungan pasien yang datang berobat usai libur Lebaran. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan sakit ringan seperti keluhan pada bagian lambung (dispersia), nyeri otot (myalgia), hipertensi, diare, dan infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

“Sejak libur lebaran pasien yang datang mengalami peningkatan dimana rata-rata dalam sehari ada 80-100 pasien yang datang dengan usia antara 20-50 tahun,” sebut Indah.

Menurutnya pasien yang datang mengeluhkan gangguan pada lambung adalah yang paling banyak, disusul pasien nyeri otot dan terakhir adalah diare. Kondisi itu dinilainya wajar yang diduga karena pola makan masyarakat yang berlebihan selama Lebaran kadang menjadi penyebabnya. Selian itu, aktivitas masyarakat yang padat dan cuaca yang tak mendukung jadi salah satu pemicu penyakit.

“Biasanya saat puasa kondisi pencernaan kan tidak setiap saat menerima asupan makanan lalu saat lebaran segala makanan dimakan sehingga pasti kondisi pencernaan akan mengalami gangguan di mana pada anak-anak banyak yang mengeluhkan sakit tenggorokan,” imbuhnya. [fik]

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close