Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBale CimahiWaduhh, Sekawanan Monyet ‘Tinggal' di Area Perkantoran Pemkot Cimahi

Waduhh, Sekawanan Monyet ‘Tinggal’ di Area Perkantoran Pemkot Cimahi

monyetCIMAHI – Pemkot Cimahi akan melakukan penanganan terhadap sejumlah monyet liar yang berkeliaran di lingkungan Kantor Pemkot Cimahi. Kini keberadaan mereka mulai dikhawatirkan baik oleh para PNS ataupun masyarakat yang takut monyet-monyet itu menyebarkan penyakit.

“Sebagai antisipasi kami akan melakukan tindakan dengan menangkap dan membius monyet-monyet tersebut untuk dikembalikan ke habitatnya,” terang Kepala Bidang Pertanian dan Ketahanan Pangan, Dinas Perekonomian Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Kota Cimahi, Asep Herman.

Asep mengaku tidak tahu persis dari mana monyet-monyet tersebut datang, apakah dari alam liar yang habitatnya terganggu atau dari peliharaan warga yang berhasil kabur. Untuk itu pihaknya perlu menangkap dan merehabilitasi monyet itu tidak menyebarkan virus atau penyakit tertentu kepada manusia.

Namun dia memprediksi jika sekawanan monyet tersebut berasal dari kawasan Curug Cimahi atau hewan peliharaan. Alasannya, monyet tersebut sudah terbiasa bertemu dengan manusia dan tidak merasa takut. Karena seperti diketahui di kawasan Curug Cimahi banyak terdapat sekawanan monyet yang kerap berinteraksi dengan pengunjung untuk mendapatkan makanan. Mereka keluar dari habitatnya karena mungkin kesulitan mencari sumber makanan.

“Biasanya karena habitat mereka terganggu jadi lari mencari tempat baru untuk mencari makan. Tapi khawatirnya mereka itu menyerang dan menggigit manusia lalu menularkan penyakit seperti rabies,” kata Asep. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img

TERKINI