Bale Kab BandungHumanioraLingkungan

Aher; “Wahai Industri, Terlibatlah Kalian Semuanya !”

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat kegiatan 'Pencanangan Revitalisasi Budaya Gotong Royong Memelihara Lingkungan melalui Bebersih Citarum' di Sungai Bojong Citepus, Desa Cangkuangwetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (2/6). by Aldy Hidayat/Bbcom
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan saat kegiatan ‘Pencanangan Revitalisasi Budaya Gotong Royong Memelihara Lingkungan melalui Bebersih Citarum’ di Sungai Bojong Citepus, Desa Cangkuangwetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (2/6). by Aldy Hidayat/Bbcom

DAYEUHKOLOT – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan meminta industri untuk mengoptimalkan fungsi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di masing-masing pabriknya, guna mengurangi tingkat pencemaran limbah di Sungai Citarum.

Gubernur mengatakan penanganan limbah di aliran Citarum mesti diselesaikan bersama-sama oleh seluruh instansi terkait, termasuk melibatkan elemen masyarakat dan pihak industri. Aher mengingatkan agar tiap pabrik turut berkontribusi untuk tidak membuang limbah yang mengotori Citarum.

“Wahai industri, terlibatlah kalian semuanya untuk mewujudkan Citarum bersih,” seru Aher saat kegiatan ‘Pencanangan Revitalisasi Budaya Gotong Royong Memelihara Lingkungan melalui Bebersih Citarum’ di Sungai Bojong Citepus, Desa Cangkuangwetan, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Kamis (2/6/16).

Setiap industri atau pabrik penghasil limbah tandas Aher, diharuskan memiliki IPAL. Tapi kenyataannya cuma 25% dari pelaku industri yang memanfaatkan fungsi IPAL. “Sedangkan 75 persennya melanggar, karena tidak memfungsikan IPAL,” sebut Aher.

Sejauh ini, kata dia, pihaknya masih memberikan toleransi dengan upaya memberikan edukasi serta langkah pencegahan. Melalui Gerakan Citarum Bestari, bakal timbul kesadaran bahwa mengotori sungai merupakan perbuatan membahayakan kehidupan manusia.

“Saat ini kita tidak pendekatan hukum. Tapi kesadaran. Semua masyarakat dan industri harus menjaga kebersihan Citarum dari hulu hingga hilir. Begitupun anak-anak sungai yang mengalir ke Citarum,” tegasnya.

Sebagai simbol pencanangan Gerakan Citarum bersih, sampah di Sungai Bojong Citepus dibersihkan. Ratusan personel TNI ikut dalam kegiatan itu. Ke depan, Aher tentu menyiapkan tindakan tegas terhadap industri yang terbukti masih membandel serta tidak memilik IPAL dengan melibatkan Polri.

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close