Bale Kab BandungPeristiwa

Warga Rawabogo Tanam Pohon Pisang di Tengah Jalan Rusak

Warga Kampung Tambakruyung, Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung menggelar aksi demo dan menanam pohon pisang di tengah jalan yang kondisinya rusak parah, Kamis (14/9). by bbcom
Warga Kampung Tambakruyung, Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung menggelar aksi demo dan menanam pohon pisang di tengah jalan yang kondisinya rusak parah, Kamis (14/9). by bbcom

CIWIDEY – Belasan warga Kampung Tambakruyung Desa Rawabogo Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung menggelar aksi demo dan menanam pohon pisang di tengah jalan yang kondisinya rusak parah. Jalan yang berstatus milik Pemkab Bandung itu tak kunjung diperbaiki sejak sembilan tahun silam.

Warga berharap Pemkab Bandung segera memperbaiki jalan penghubung antara Kab Bandung dan Kabupaten Bandung Barat ini karena kerap kali terjadi kecelakaan. Jalan kondisinya rusak parah ini yang seringkali digunakan warga untuk aktivitas perekonomian. Terlebih jalannya berkontur menanjak dan turunan serta berliku di mana banyak lubang dan dipenuhi batu, yang tentunya sulit dilewati kendaraan.

Padahal di sekitar jalan yang rusak di Kampung Tambakruyung ini mayoritas sudah diperbaiki dan sudah dibeton. Namun hanya jalan sepanjang dua kilometer yang menghubungkan antara dua kabupaten ini saja yang tak kunjung diperbaiki.

Pihak Desa Rawabogo mengaku sejak beberapa tahun terakhir sudah melakukan berbagai upaya dan pengajuan perbaikan jalan tersebut ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bandung. Namun apa daya pengajuan tersebut hanya didiamkan dan hingga kini tidak pernah ada tindak lanjut.

“Warga berharap agar jalan berstatus milik Kabupaten Bandung yang melintas di desa kami ini segera mendapat perhatian dan diperbaiki karena kondisinya sudah rusak berat. Selain menghambat perekonomian warga, jalan ini juga kerap mengakibatkan korban,” kata Kepala Desa Rawabogo Cecep Prawira kepada wartawan, Kamis (14/9/17).

Menurut kesaksian warga setempat, sudah banyak pengendara motor yang berjatuhan saat melintasi jalan rusak ini. “Pernah ada truk pembawa sayuran hasil panen petani setempat yang hendak mendistribusikan hasil panennya tersebut ke KBB, terguling akibat jalanan yang bergelombang,” kata Ny Didah Saidah, warga setempat.

Karena sudah kesal, belasan warga pun melakukan aksi demo agar jalan dikampungnya tersebut segera diperbaiki Pemkab Bandung. Tak hanya membawa poster-poster dengan bertuliskan aspirasi dan peringatan untuk berhati-hati, warga juga menanam pohon pisang di tengah jalan sebagai tanda protes.(*)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close