Minggu, Oktober 17, 2021
BerandaBale KBBWarga KBB Disinyalir Banyak yang Tak Miliki Data Kependudukan

Warga KBB Disinyalir Banyak yang Tak Miliki Data Kependudukan


E-KTP (1)NGAMPRAH
– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcasip) Kabupaten Bandung Barat menduga masih banyak warga KBB di wilayah perbatasan dengan daerah lain yang belum memiliki kelengkapan data kependudukan. Seperti di antaranya KTP, Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, Akta Kematian, dan Akta-akta Catatan Sipil lainnya.

Kepala Disdukcasip KBB Wahyu Diguna mengatakan hal tersebut karena masih ada anggapan jika administrasi kependudukan bagi mereka tidak terlalu penting sehingga warga malas untuk membuatnya.

“Masih banyak warga di perbatasan dengan Cianjur seperti di Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipongkor, dan Cipatat, yang belum memiliki data kependudukan yang lengkap,” kata Wahyu, Kamis (7/4/16).

Untuk itu ke depannya pihaknya akan berupaya pro aktif dengan jemput bola datang ke daerah-daerah perbatasan untuk melakukan pencetakan data kependudukan langsung di lokasi. Selain itu pihaknya tidak ingin membeda-bedakan pelayanan data kependudukan ini karena itu adalah hak dari setiap warga.

“Kami akan mengerahkan kendaraan keliling ke daerah perbatasan termasuk menjalin kerja sama dengan Kantor Dinas Kependudukan setempat,” ucapnya.

Namun upaya itu tentu tidak akan mudah sebab pelayanan pembuatan adminduk di daerah pelosok bakal menghadapi kendala jaringan internet. Sebab di sejumlah kecamatan itu terdapat titik blank spot atau tidak menjangkau jaringan internet. Untuk itu pihaknya akan meminta bantuan ke pusat agar menyediakan alat semacam parabola untuk koneksi internetnya.

“Nantinya bisa saja memakai jaringan satelit dan tidak lewat BTS namun itu harus meminta bantuan ke pusat,” terangnya. [fik]

BERITA TERKAIT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

spot_img
spot_img
spot_img
spot_img
spot_img

TERKINI