Bale Kab Bandung

Warga Pangalengan Sabilulungan Bedah Rutilahu Milik Lansia

Ketua RW 22 Kampung Bojongwaru Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, Sunarto, saat meninjau rutilahu milik warganya. by ist

PANGALENGAN – Warga Kampung Bojongwaru RW 22 Desa Margamulya Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung merasa prihatin melihat kondisi rumah dari pasangan suami istri yang sudah lanjut usai, Ny Een (60) dan Unaya (58). Kedua rumah tidak layak huni itu sudah reyot dan dikhawatirkan ambruk setelah lama tak diperbaiki dan separuh bagian rumahnya sudah roboh diterpa angin kencang dan hujan deras.

Ketua RW 22 Kampung Bojongwaru, Sunarto mengatakan, atas keprihatinan warga lainnya, maka warga pun sepakat bergotong royong untuk merehab kedua rutilahu itu. “Kami masyarakat sepakat untuk rereongan memperbaiki rumah yang ditempati Bu Een dan rumah yang ditempati Bu Unaya terlebih dahulu, meskipun sebenarnya rutilahu di wilayah RW kami cukup banyak,” ungkap Sunarto, Selasa (12/3/19).

Sebelum dibedah, dirinya bersama dengan para Ketua RT dan tokoh masyarakat terlebih dahulu melakukan upaya lokal untuk perbaikan tersebut. “Di wilayah kami tidak kurang dari 25 rutilahu yang tersebar di lima RT,” sebut Narto.

Sunarto mengaku memang sempat ada yang mengunjungo rumah Een dan Unaya baik dari pihak kecamatan maupun kabupaten, namun setelah itu hanya mendata saja.”Sampai sejauh ini memang belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah melalui program rutilahu. Makanya kami bermusyawarah, sepakat kalau dua rutilahu akan direhab dengan gotong royong dan udunan,” pungkasnya. ***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close