Bale Kab BandungPamong

194 Purna Praja IPDN Ikut Pelatihan CPNS

Kepala Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung, Ir. Tati Devi M. Siregar, M.Si., bersama Asisten Ekjah Kab Bandung, H. Marlan, S.Ip., M.Si., saat Pelatihan Dasar CPNS Purna Praja IPDN, di Gedung M Toha Soreang, Rabu (10/5). by Kominfo Kab Bdg
Kepala Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung, Ir. Tati Devi M. Siregar, M.Si., bersama Asisten Ekjah Kab Bandung, H. Marlan, S.Ip., M.Si., saat Pelatihan Dasar CPNS Purna Praja IPDN, di Gedung M Toha Soreang, Rabu (10/5). by Kominfo Kab Bdg

SOREANG – Sebanyak 194 orang Purna Praja IPDN mengikuti Pelatihan Dasar CPNS di lingkungan Pemkab Bandung. Rombongan yang diketuai Kepala Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung, Ir. Tati Devi M. Siregar, M.Si., ini diterima Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Kabupaten Bandung, H. Marlan, S.Ip., M.Si., di Gedung Mohamad Toha Soreang, Rabu (10/5/17).

Tati Devi menyebut peserta pelatihan ini seluruhnya berjumlah 194 orang Purna Praja IPDN Angkatan ke-23 Gelombang II. Ada 120 orang berasal dari Provinsi Jambi, Lampung, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Sedangkan 74 orang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Utara.

“Para peserta yang dibagi ke dalam 5 kelas ini dikelompokan menjadi 20 kelompok yang nantinya akan mengunjungi lokus Perangkat Daerah (PD) sesuai dengan penempatan yang telah ditentukan dan akan didampingi coach/pembimbing dari Pusdiklat Kemendagri Regional Bandung,” jelas Tati.

Maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut untuk meningkatkan pemahaman para peserta dalam memaknai dan menginternalisasikan nilai-nilai dasar PNS yang diterjemahkan dalam ANEKA (Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika publik, Komitmen mutu dan Anti korupsi).

Kegiatan ini merupakan tahap awal untuk memberikan gambaran penguatan dan pemahaman terkait dengan tugas dan fungsi selama melaksanakan kegiatan habituasi. Tati berharap para peserta dapat menetapkan isu aktual yang akan dijadikan gagasan pada saat membuat konsep rancangan aktualisasi.

“Kegiatan ini juga memberikan kesempatan untuk menggali informasi mengenai isu aktual di lapangan dalam rangka melatih peserta melakukan observasi sebagai bekal pembiasaan di dalam mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS,” paparnya.

Tati berharap para peserta dapat menerima pemaparan dan memperoleh gambaran singkat mengenai visi, misi dan renja secara umum, serta melakukan wawancara serta pencarian data dalam pembuatan rancangan aktualisasi yang akan dieksternalisasikan pada saat kegiatan habituasi pada 23 Mei sampai 9 Agustus 2017 (62 hari).

“Kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada jajaran Pemkab Bandung karena di tengah kesibukan yang padat masih berkenan menerima kami dengan perasaan hangat dan tangan terbuka untuk melaksanakan studi lapangan di lingkungan Pemkab Bandung,” ucap Tati.

Asisten Ekjah Kabupaten Bandung, H. Marlan, S.Ip., M.Si., mengatakan segenap jajaran Pemkab Bandung akan membantu dan memfasilitasi apa saja yang dibutuhkan para peserta demi kelancaran tahap awal kegiatan habituasi ini.

Marlan berharap melalui kegiatan studi lapangan ini, para peserta mempunyai gambaran dan pemahaman terkait tugas dan fungsi di lapangan yang akan diperlukan di kemudian hari untuk menunjang dunia kerja sebagai birokrat dan pelayan masyarakat.

Dengan kompetensi dan keterampilan yang diterima selama pelatihan, pihaknya berharap para peserta mampu mengaplikasikan pengetahuan di masing-masing lokus yang telah ditetapkan.

“Kalian merupakan kader pemimpin bangsa sekaligus pelayan masyarakat, yang sejak awal sudah dididik untuk disiplin, memiliki integritas, loyal dan berkompeten di dunia birokrasi. Maka tunjukanlah yang terbaik, jaga nama baik almamater dan tetap semangat,” seru Marlan.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close