Bale Kab Bandung

25 Ha Sawah Kab Bandung Kekeringan

SOREANG, Balebandung.com – Kepala Distan (Kadistan) Kabupaten Bandung Ir. H. A. Tisna Umaran menyampaikan, dari total luas pertanaman di Kabupaten Bandung yang mencapai 27.595 hektar (ha), luas terdampak mencapai 25 ha atau sekitar 0,09%.

“Dari 25 Ha sawah yang terdampak, 20 Ha kondisinya rusak ringan dan 5 Ha rusak sedang. Lokasinya yaitu di Kecamatan Cikancung, Nagreg, Solokanjeruk, Baleendah, Arjasari dan Kecamatan Cileunyi. Sedangkan lahan yang terancam mengalami kekeringan yaitu seluas 557 Ha, atau sekitar 2%,” urai Kadistan didampingi Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Distan Ir. Yayan Agustian.

Untuk mengantisipasi meluasnya dampak kekeringan, pihaknya telah berupaya dengan melakukan mobilisasi pompa air dan mengimbau kepada para petani untuk membuat sumur pantek.

“Kami telah melakukan mobilisasi pompa air dari Brigade Alsintan Sabilulungan (BAS), ke wilayah yang memiliki sumber air untuk dipompa. Selain itu, kami juga meminta para petani untuk membuat sumur pantek atau sumur dangkal,” kata Tisna.

Sebelumnya seluas tujuh hektar sawah di wilayah Baleendah yang ditanami padi mengalami kekeringan akibat musim kemarau. Akibatnya sawah tersebut terancam gagal panen. Saat ini pihaknya menerjunkan pompa air pantek di lokasi rawan kekeringan.

“Yang terkena parah 2 hektar di Baleendah, Kelurahan Margamekar, itu sudah langganan. Penyebabnya sumber air jauh. Sawah mengalami retak-retak,” kata Tisna.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close