Bale KBBPamong

55.250 Orang Warga KBB Nganggur

pelamar kerjaNGAMPRAH – Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) mencatat angka pengangguran di KBB saat ini mencapai 55.250 orang. Rata-rata mereka berasal dari kalangan usia produktif yang baru lulus sekolah menengah atas.

“Angka pengangguran yang tercatat saat ini sebesar 55.250 orang dan itu angka yang cukup besar walaupun jika dilihat secara keseluruhan trennya dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan,” ungkap Kadinsosnakertrans KBB Heri Partomo didampingi Kasi Perluasan dan Penempatan Tenaga Kerja, Sutrisno.

Heri menyebutkan angka pengangguran tertinggi di Kecamatan Batujajar sebanyak 9.156 orang, disusul Cikaongwetan 6.290 orang. Sedangkan angka pengangguran yang terendah tercatat ada di Kecamatan Cisarua sebanyak 1.099 orang.

Penyebab masih tingginya angka pengangguran akibat tidak sebandingnya lowongan kerja dengan jumlah lulusan dari sekolah. Jumlah angkatan kerja lebih besar dibandingkan lapangan kerja yang tersedia yakni jumlah angkatan kerja mencapai 672.326 orang sedangkan yang bekerja sebanyak 617.076 orang.

“Inilah yang menjadi perhatian serius pemerintah daerah untuk terus berusaha  melalui berbagai program kegiatan pengentasan masalah pengangguran,” ucap Heri.

Lebih lanjut, salah satu upaya Pemkab Bandung Barat untuk menekan angka pengangguran yakni dengan menggelar Job Fair atau bursa kerja. Melalui event semacam itu diharapkan dapat menyerap angkatan kerja cukup tinggi karena banyak peluang kerja yang ditawarkan oleh perusahaan-perusahaan baik yang ada di KBB ataupun luar KBB.

“Setiap tahun kami rutin menggelar Job Fair dan tahun ini pun digelar acara serupa yang diikuti oleh 75 perusahaan dengan jumlah lowongan kerja mencapai 3.500 posisi,” sebutnya. [fik]

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close