Kamis, Februari 22, 2024
BerandaBale Bandung8 Kementerian dan 10 Kepala Daerah Hadiri City Sanitation Summit XXI Kab...

8 Kementerian dan 10 Kepala Daerah Hadiri City Sanitation Summit XXI Kab Bandung

SOREANG, Balebandung.com – Sedikitnya delapan kementerian dipastikan akan bergabung di gelaran City Sanitation Summit (CSS) XXI di Soreang, Kabupaten Bandung pada 14 hingga 16 Juni 2023. Selain itu 10 kepala daerah dijadwalkan hadir sebagai delegasi.

Kedelapan kementerian itu antara lain Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Dikbud Ristek), Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bapenas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Menko PMK Pak Muhadjir Effendy dijadwalkan hadir untuk membuka CSS XXI di Gedung Budaya Soreang pada Kamis 15 Juni 2023,” kata Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi di Soreng, Selasa (13/6/23).

Sementara dari kementerian lainnya akan hadir beberapa dirjen yang akan tampil sebagai pembicara di frum CSS XXI.

“Pada hari yang sama atau hari kedua CSS pada Kamis 15 Juni, Menteri Desa PDTT Pak Abdul Halim Iskandar akan tampil sebagai keynote speech,” imbuh Erwin yang juga selaku Sekretaris Panitia CSS XXI Kabupaten Bandung.

Selain dari delapan kementerian, event nasional ini juga dihadiri 10 kepala daerah kabupaten/kota yang tergabung dalam Asosiasi Kabupaten/Kota Peduli Sanitasi (Akkopsi) dan Pemprov Jawa Barat. Akkopsi juga diagendakan akan beraudiensi dengan delapan kementerian yang hadir.

“Rangkaian lainnya, nanti ada enam kepala daerah yang akan menandatangani Deklarasi Komitmen Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS) Jawa Barat,” imbuh Erwin.

Keenam kepala daerah di Jabar itu antara lain Bupati Bogor, Bupati Majalengka, Walikota Bogor, Walikota Tasikmalaya, Walikota Cirebon, dan Walikota Cimahi.

Selain itu berbagai mitra CSS XXI juga turut melibatkan diri selain partisipasi dari masyarakat Kabupaten Bandung sendiri.

Sementara untuk acara penutupan pada Jumat 16 Juni, akan dibacakan hasil Rakernas/Deklarasi Soreang, penyerahan Piala Smart Sanitation Award (SSA), penyerahan piala Sanitasi Sekolah untuk Kab/Kota AKKOPSI, pengumuman Lomba Karya Tulis, pengumuman Tuan Rumah CSS ke – XXII disertai penyerahan Pataka, pengarahan dan Penutupan oleh Ketua Umum AKKOPSI, serta pengumuman Putri Sanitasi.(*)

BERITA LAINYA

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

TERKINI