Bale Kab BandungPamong

Ada Rekayasa Lalin di Padalarang

jalur simpang tagogPADALARANG – Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Bandung Barat (KBB), akan menerapkan rekayasa lalulintas di Jalan Raya Padalarang untuk mengantisipasi kemacetan pada saat arus mudik lebaran.

Kepala Dishubkominfo Kabupaten Bandung Barat Agus Gusmana didampingi Kasi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas A.Fauzan menjelaskan ada lima cara dalam mengurai kemacetan di jalur Padalarang tersebut. Yakni dengan melakukan perubahan arus lalulintas, penataan  pangkalan ojeg dan angkutan umum, penataan pasar di badan jalan, pelarangan parkir di badan jalan, dan penegakan hukum.

Menurutnya rekayasa lalulintas akan diterapkan di Jalan Cihaliwung. Jika selama ini Jalan Cihaliwung hanya diberlakukan satu arah atau hanya kendaraan dari arah Cikalongwetan atau Purwakarta saja. Namun untuk antisipasi kemacetan pada musim mudik nanti sepeda motor diperbolehkan melalui jalur ini  dari arah berlawanan.

“Rencananya kami akan melakukan sosialisasi dan ujicoba pemberlakukan Jalan Cihaliwung menjadi dua arah mulai Senin (27/6/2016) dan Selasa (28/6/2016),” ucapnya.

Nantinya petugas gabungan dari Dishubkominfo Kabupaten Bandung Barat dengan Polres Cimahi akan dikerahkan pada pelaksanaan rekayasa Jalan Cihaliwung. Hal ini untuk mengawal proses ujicoba dan untuk menghindari kecelakaan lalulintas yang terjadi saat rekayasa jalan dimulai.

“Kebijakan ini diambil berdasarkan pada hasil kajian dengan membandingkan volume kendaraan dengan kapasitas jalan sehingga diharapkan kemacetan di wilayah Padalarang saat arus mudik nanti bisa berkurang,” harapnya. (fik)

Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close