Bale CimahiPamong

Antisipasi Rabies Puluhan Hewan di Cimahi Divaksin

ilustrasi/net
ilustrasi/net

CIMAHI – Sejumlah hewan milik warga di Kota Cimahi diberi vaksin rabies oleh petugas dari Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Dinas Koperasi UKM Perindustrian Perdagangan dan Pertanian (Diskopindagtan) Cimahi. Hal itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi terhadap bahaya penyebaran virus rabies.

Pemberian vaksin ini dilakukan setelah petugas berkeliling ke rumah-rumah warga yang memiliki hewan peliharaan. Hewan-hewan tersebut langsung disuntik vaksin sambil diberi kalung penanda bahwa sudah divaksin.

“Vaksin ini diberikan secara cuma-cuma dan sasaran kami untuk mengantisipasi penyebaran rabies adalah hewan peliharaan seperti kucing, anjing, dan kera,” sebut Petugas Puskeswan Cimahi, drh Vicce Kinanti saat menggelar pemberian vaksin di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kamis (14/4/16).

Menurutnya pemberian vaksin rabies digelar rutin setiap tahun dengan menyisir permukiman agar semua hewan yang menjadi sasaran tidak ada yang luput dan terdata. Dia mengatakan hingga saat ini belum ditemukan kasus rabies di Cimahi yang dilaporkan masyarakat. Kendati begitu pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan.

“Bagi warga yang tidak sempat didatangi petugas mereka bisa membawanya langsung ke puskeswan supaya kesehatan hewan peliharaan mereka terjamin. Apalagi pelayanan ini pun gratis sehingga harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat,” saran Vicce. (fik)

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

Close
Back to top button
Close