Bale Kab BandungPamong

Asik, Besok Naik Angkot Soreang Gratis!

angkot-soreangSOREANG – Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Bandung di wilayah Kecamatan Soreang dan Banjaran.  Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung besok Kamis (27/4/17) mulai pukul 06.00 WIB sampai 18.00 WIB, bakal menggratiskan pelayanan angkutan kota (angkot) jurusan Soreang-Banjaran. Program ini akan di-launching di Terminal Soreang.

Kepala Dishub Kab Bandung Teddy Kusdiana menyebutkan sebanyak 84 unit angkot Soreang-Banjaran bakal melayani penumpang tanpa dipungut biaya. Dipilihnya 84 angkot tersebut karena sudah berbadan hukum dari total 154 angkot. Layanan gratis untuk rute dalam kota itu diharapkan jadi salah satu kampanye untuk meningkatkan minat masyarakat agar mau memanfaatkan kembali transportasi umum.

“Semoga cara ini jadi awal dari Gerakan Ayo Naik Angkot yang kini mulai di tinggalkan masyarakat,” harap Teddy.

Apalagi menurutnya dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini peminat angkutan umum merosot drastis. Sebab mayoritas warga di wilayahnya sering menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktifitas. “Bisa dilihat juga hampir seluruh masyarakat kini banyak memilih kendaraan pribadinya untuk bepergian kemanapun,” kata dia.

Akibat tingginya volume kendaraan, lanjut Teddy, akhirnya masalah kemacetan tak dapat terhindarkan. Untuk itu, instansinya berharap bila layanan gratis seharian full ini berhasil akan kembali diterapkan untuk dirute lainnya.

“Paling engga sebagai ajakan saja. Kami juga akan terus meningkatkan layanan angkutan termasuk menyediakan berbagai fasilitas didalamnya,” kata dia.

Teddy menambahkan, pihaknya juga saat ini sedang mendorong para pengusaha angkot berbadan hukum sesuai dengan amanat UU Nomor 22 tahun 2009 serta Permendagri Nomor 101 tahun 2014.

“Dengan aturan itu tidak ada lagi angkot milik pribadi. Tapi nanti tercatat di badan hukum mau itu koperasi atau badan usaha. Alhamdulilah 60% angkot di sini sudah berbadan hukum,” ucapnya.

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close