Bale Kab Bandung

Atalia Pratatya; Membaca Sejak Dini Bentuk Learning Society Sendiri

Bunda Literasi Kabupaten Bandung Kurnia Agustina Naser, usai meninjau Perpustakaan Mutiara Ilmu di Desa/Kec Ciparay, Kamis (2/7/2020).by aby.bbcom

CIPARAY, Balebandung.com – Atalia Ridwan Kamil; Membaca Sejak Dini Bentuk Learning Society Sendiri
Bunda Literasi Kabupaten Bandung Kurnia Agustina Naser bersama Bunda Literasi Jawa Barat Atalaia Praratya Kamil, meninjau Perpustakaan Mutiara Ilmu di Desa/Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung, Kamis (2/7/2020).

Perpustakaan Mutiara Ilmu jadi juara lomba perpustakaan desa tingkat Kabupaten Bandung, untuk selanjutnya akan jadi peserta lomba perpustakaan desa tingkat Jawa Barat. Pemenang lomba tingkat Jawa Barat nantinya akan menjadi peserta lomba perpustakaan tingkat nasional.

Bunda Literasi Jabar Atalia Praratya Kamil mengecek koleksi buku, ruang arsip, ruang pelatihan multimedia, buku pengunjung perpustakaan dan UMKM binaan perpustakaan.

Atalia mengatakan kebiasaan gemar membaca harus di mulai sejak dini. Nantinya dengan gemar baca, mulai terbiasa setiap harinya dan anak–anak mampu membentuk learning society dengan sendirinya.

“Kalau anak-anak dibiasakan membaca sejak kecil , nantinya mereka akan membuat learning society sendiri,” tandas Atalia.

Learning society yang dimaksud Atalia adalah masyarakat belajar, yang merupakan sebuah kondisi masyarakat yang tiap individunya memiliki kesadaran diri membaca, dengan suka bertanya, suka membaca, dan membuka peluang-peluang berekspresi secara mandiri melalui beberapa media belajar.

Dengan membangun perpustakaan desa pihaknya berharap bisa menyerbu masyarakat dengan buku dari semua lini seperti di tingkat keluarga, sekolah, desa, puskesmas, dan perkantoran, mereka harus menyediakan buku-buku bacaan, bak secara offline maupun online.

“Jadi saya kira kalau penyediaan buku-buku ini dilakukan secara simultan dan bersama-sama, orang tidak akan kesulitan untuk mendapatkan buku untuk mereka baca,” kata Atalia

“Termasuk kalau tidak bisa ke perpustakaan, kita sudah sediakan dengan adanya Candil, Maca Dina Digital Library (Candil), dan Kotak Literasi Warga Cerdas (Kolecer). Yang paling penting adalah menjadikan kebiasaan dulu membaca bagi anak-anak di rumah,” imbuhnya.

Bunda Literasi Kabupaten Bandung Kurnia Agustina Naser menambahkan, di Kabupaten Bandung ada dua perwakilanperpustakaan desa yang mewakili lomba perpustakaan tingkat Jawa Barat yakni Perpustakaan Desa/Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung dan Desa Sukapura Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

“Saya apresiasi beberapa Perpustakaan di Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Walaupun letaknya jauh, namun bisa mengakses serta mampu mencerdaskan warga di bidang literasi ini baik secara offline maupun online,” kata Kurnia Agustina.***

Tags

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close